Menlu AS Bertemu dengan Warga (Muslim) Uighur

  • Kelompok hak asasi manusia percaya setidaknya 1 juta orang Uighur dan sebagian besar minoritas Muslim lainnya telah dipenjara di kamp-kamp di wilayah barat laut, tempat Tiongkok juga dituduh mensterilkan perempuan secara paksa dan melakukan kerja paksa.

     

 

afp/ken cedeno

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

 

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, Selasa (6/7), bertemu warga Uighur, yang selamat dari kamp-kamp kerja di Xinjiang, Tiongkok, dalam upaya mendukung hak asasi manusia dan menyoroti genosida yang dilakukan Beijing terhadap kelompok minoritas Muslim tersebut.

 

Dalam rekaman pertemuan meja bundar itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan diplomat AS itu bertemu dengan tujuh orang yang selamat, advokat, dan kerabat orang-orang yang masih ditahan di Xinjiang.

 

Tujuannya, kata Price, adalah membantu menunjukkan komitmen AS untuk menyerukan diakhirinya kejahatan yang sedang berlangsung di Tiongkok terhadap kemanusiaan dan genosida terhadap Uighur dan anggota kelompok etnik dan agama minoritas lainnya di Xinjiang.

 

Baca juga: Joe Biden Tegaskan Lagi Dukung Pemimpin Oposisi Venezuela

 

“Amerika Serikat akan terus menempatkan hak asasi manusia di garis depan kebijakan Tiongkok kami dan akan selalu mendukung suara para aktivis, orang yang selamat, dan anggota keluarga korban yang dengan berani berbicara menentang kekejaman ini,” ujarnya.

 

Namun, Price tidak menyebutkan nama peserta dalam pertemuan tersebut.

 

Kelompok hak asasi manusia percaya setidaknya 1 juta orang Uighur dan sebagian besar minoritas Muslim lainnya telah dipenjara di kamp-kamp di wilayah barat laut, tempat Tiongkok juga dituduh mensterilkan perempuan secara paksa dan melakukan kerja paksa.

 

Beijing membantah keras tuduhan itu dan mengatakan program pelatihan, skema kerja, dan pendidikan yang lebih baik telah membantu membasmi ekstremisme di wilayah tersebut. (AFP/OL-1)

 

Nur Aivanni | Internasional

mediaindonesia.com, Rabu 07 Juli 2021, 08:03 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 108 kali, 1 untuk hari ini)