Boris Johnson


LONDON (SALAM-ONLINE): SALAM-ONLINE: Menteri Luar Negeri terpilih Inggris Boris Johnson menyerukan dunia internasional untuk menuntut Basyar Asad yang menyebabkan rakyat Suriah menderita, Reuters melaporkan, Selasa (19/7).

Pada pertemuan pertamanya dengan mitra Barat, Johnson akan bertemu rekan-rekan dari Jerman, Prancis, Italia dan Uni Eropa di London untuk membahas peperangan yang terjadi di Suriah hingga mengakibatkan munculnya ISIS dan menciptakan krisis pengungsi terburuk di dunia.

“Aku akan membuat pandangan dengan jelas, saya berpendapat bahwa penderitaan rakyat Suriah tidak akan berakhir jika Asad tetap berkuasa,” ujar Boris.

Pusat Riset Kebijakan Suriah menyebutkan lebih 400 ribu orang tewas akibat perang Suriah. Dan 70 ribu orang lainnya meninggal karena kurangnya kebutuhan mendasar seperti air bersih dan layanan kesehatan pada 2015 lalu.

Jumlah korban luka selama lebih lima tahun konflik berdarah di Suriah mencapai sekitar 1,9 juta warga sipil. Disebutkan pula, tingkat harapan hidup di negeri itu telah turun dari 70 pada 2010 menjadi 55,4 tahun pada 2015. (EZ/salam-online)

Sumber: Reuters/salam-online.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.816 kali, 1 untuk hari ini)