Menlu Saudi Adel Al Jubeir


MANAMA (SALAM-ONLINE):Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir membantah adanya mediasi oleh Pakistan antara negaranya dengan Iran.

Adel mengatakan kepada media di sela-sela sesi pertemuan menteri pertama antara Arab-India terkait kerja sama forum beberapa negara yang telah menawarkan untuk menengahi dan mengkomunikasikan gagasan antara Riyadh dan Teheran.

Ia menekankan, bahwa Iran tahu apa yang dibutuhkan dari itu dan tak akan ada mediasi, kecuali Iran merespon positif hal tersebut.

“Lebih dari 35 tahun, Iran telah mengedepankan pendekatan memusuhi negara-negara Arab dengan ikut campur dalam urusan internal mereka, menabur perselisihan sektarian dan mendukung terorisme seperti dikonfirmasi dari berbagai bukti yang kuat,“ kata Al Jubeir seperti dilansirSaudiGAzette, Senin (25/1).

Ia menegaskan, Iran adalah negara yang mendukung terorisme. Ada lembaga pemerintah di Iran, kata Al Jubeir, yang terdaftar sebagai organisasi teroris. Ada juga pejabat di badan-badan keamanan Iran, ungkapnya, yang ingin bergabung dengan jaringan terorisme.

Menurutnya, Iran harus mengubah kebijakan dan metode dalam berurusan dengan tetangganya pada prinsip bertetangga yang baik dan menahan diri dari campur tangan dalam urusan internal negara lain. Dengan demikian, ujarnya, akan terbuka jalan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan negara tetangga. (EZ/salam-online)

Sumber: SaudiGazette

Redaksi Salam-Online – Senin, 14 Rabiul Akhir 1437 H / 25 Januari 2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.245 kali, 1 untuk hari ini)