Menlu Saudi Arabiya Adel al-Jubeir


RIYADH (SALAM-ONLINE): Menteri Luar Negeri Saudi Arabia Adel al-Jubeir mengatakan, negaranya berkomitmen untuk terus mendukung oposisi Suriah. Ia menegaskan, Basyar Asad harus meninggalkan Suriah, baik melalui negosiasi ataupun militer.

Hal itu diungkapkan Adel saat memberi sambutan dalam konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama negara-negara Teluk, Dr. Abdul Latif bin Rashid Al-Zayani, Kamis (10/12) seperti dilansir Eldorar.

Adel mengatakan, tujuan dari pertemuan antara faksi oposisi Suriah di Riyadh adalah untuk bersatu dan memberi dukungan penuh kepada para pejuang Islam di Suriah itu.

“Kami akan terus mendukung oposisi hingga Basyar Asad pergi dari Suriah,” ujar Adel.

Menurutnya, kesepakatan bersama sudah ditempuh oleh pimpinan negara-negara teluk bahwa Basyar Asad harus meninggalkan Suriah.

Peran penting Iran, kata Adel, berpengaruh besar di balik rezim Basyar Asad yang mendukung tindakan terorisme terhadap rakyatnya.

Badan Kerja Sama Negara-negara Teluk (GCC) pada Kamis (10/12) mengumumkan laporan akhir atas dukungannya untuk solusi politik di Suriah, setelah pertemuan oposisi (pejuang penentang Basyar Asad) yang diadakan di Riyadh pada 8 hingga 10 Desember 2015.

Adel mengatakan hasil dari pertemuan tersebut untuk memastikan kesatuan tanah Suriah dan kemandirian negara itu ke depannya sesuai dengan Keputusan Jenewa I. (EZ/salam-online)

By: Salam-Online.com/Jum’at, 28 Safar 1437 H / 11 Desember 2015 18:48

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.789 kali, 1 untuk hari ini)