Ini asli di Jawa Tengah, bukan di DKI Jakarta…

Gubernurnya Mas @ganjarpranowo

Seksi sibuk nya @ChusnulCh__

Bagaimana solusi nya…???


 


Zainal Abdi Alamsyah

 


@ZainalAbdiAlam4

 

·

13j

***

 

 

Miris! 45.000 Anak di Jateng Putus Sekolah, Ini Pemicunya

Sebanyak 45.000 anak di Jawa Tengah atau Jateng diketahui tidak melanjutkan pendidikan atau putus sekolah.

 

SEMARANG — Sebanyak 45.000 anak di Jawa Tengah (Jateng) tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang lebih atas, atau putus sekolah. Pemicunya, tak lain karena ketidakadaan biaya untuk melanjutkan pendidikan.

 

Kondisi ini pun menjadi sorotan Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko. Menurut politikus Partai Gerindra itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng harus mengawal kebijakan pendidikan, baik perencanaan penganggaran ataupun koordinasi dengan pemangku kepentingan.

 

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

 

“Hari ini di Jateng usia 16-18 tahun yang seharusnya duduk di bangku SMA sederajat, ternyata 67,9 persen tidak sekolah. Cukup tinggi angkanya,” kata Heri, dalam keterangan tertulis kepada Solopos.com (14/2/2022).

 

 

Baca juga: Jateng Bikin Kelas Virtual demi Cegah Anak Putus Sekolah

 

Dikatakan, kasus putus sekolah paling banyak dialami anak SMA sederajat. Salah satu faktor utama adalah masalah ekonomi masyarakat. Apalagi di Jawa Tengah, ada beberapa daerah yang masuk data sebagai wilayah dengan kemiskinan ekstrem.

 

“Banyak yang lebih memilih bekerja, merantau, atau pilihan lain seperti pernikahan dini. Sebab perekonomian orang tuanya merosot karena pandemi Covid-19,” terangnya.

 

Total ada 19 daerah di Indonesia yang masuk dalam prioritas kemiskinan ekstrem. Dari jumlah sebanyak itu, lima di antaranya berada di wilayah Jateng. Kelima daerah di Jateng yang masuk kategori kemiskinan ekstrem itu yakni Kabupaten Kebumen, Brebes, Banjarnegara, Pemalang, dan Banyumas.

 

 

Baca artikel Solopos.com “Miris! 45.000 Anak di Jateng Putus Sekolah, Ini Pemicunya” selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/miris-45-000-anak-di-jateng-putus-sekolah-ini-pemicunya-1256572.

Editor :

Penulis: Imam Yuda Saputra

Editor: Imam Yuda Saputra

Solopos.com, Jateng 14 February 2022 22:45:15 WIB

(nahimunkar.org)