Mudik Dilarang, Cuti Cuma Sehari, Warga Pilih Mbolos

 
 


Polling SP

Hasil Polling Surabaya Pagi yang Dilakukan Litbang SP kepada 170 Responden, yang Tidak Setuju Cuti Lebaran Hanya Satu Hari Dikarenakan Libur Tidak Cukup

Surabaya – Pemerintah Indonesia resmi meniadakan masa liburan lebaran Idulfitri tahun ini serta melarang masyarakat melakukan aktivitas pulang kampung (mudik), terhitung tanggal 6-17 Mei 2021. Kebijakan itu diputuskan dengan mempertimbangkan faktor risiko penularan Covid-19 yang tinggi seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

Menanggapi hal itu, tim Litbang Surabaya Pagi menggelar polling dan jajak pendapat kepada masyarakat dengan pertanyaan terkait kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat  untuk mudik lebaran. Hasilnya, banyak responden yang tidak setuju cuti Idul Fitri dihapuskan. Bahkan, bila cuti dihapuskan dan dikurangi menjadi satu hari, banyak responden yang ingin membolos dengan alasan hari libur kurang.

Polling dilakukan tepat pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB, Jumat (26/03/2021). Dengan koresponden rentang usia 15 tahun sampai 40 tahun dengan background pelajar, mahasiswa, serta para orang tua dengan domilisi tidak hanya di Kota Surabaya tetapi juga di Sidoarjo dan Gresik.

Metode polling dilakukan menggunakan wawancara langsung menggunakan telepon dan WhatsApp. Selain media itu juga media sosial Facebook , Twitter dan Instagram. Jumlah total responden yang dihimpun sebanyak 170 responden.

Hasilnya, (lihat grafis di halaman 1),  Terlihat dari pertanyaan,  “1 Apakah setuju, libur cuti Idul Fitri tahun 2021 ini hanya satu hari dan mudik ditiadakan?” . Dari pertanyaan pertama tersebut didapat responden yang memilih jawaban A hanya sebanyak 31 persen dan yang memilih jawaban B sebanyak 69  persen.

Untuk pertanyaan kedua “2) Apakah libur cuti Idul Fitri hanya satu hari itu cukup menurut Anda? Dan apa yg akan Anda lakukan ?”. Dari pertanyaan ini didapat sebanyak 20 persen menjawab A dan 80 persen yang memilih jawaban B

Untuk pertanyaan ketiga “3) Kemanakah Anda di lebaran Idul Fitri 2021 nanti ?”. Dari pertanyaan ini didapat sebanyak 27 persen menjawab A dan 73 persen yang memilih jawaban B.

Cuti Sehari, Kurang

Seperti yang diungkapkan Anjiwani Sabira Putri Gunara, warga Surabaya Utara, yang akan tetap mudik karena menilai aturan yang diterapkan sekarang ini sangat tidak masuk akal. “Maaf saya bakal tetep mudik. Udah 2 tahun gak ketemu keluarga di kampung, dan percuma larang mudik kalau orang dugem, live music jalan tapi mudik gak boleh kan gak masuk otak,” ujar Sabira saat diwawancarai secara langsung oleh Tim Litbang SP, Jumat (26/03/2021).

Bahkan, saat ditanya apakah cukup cuti libur hanya satu hari, Anjiwani sontak saja menjawab, tidak cukup. Bahkan, dirinya menyatakan akan mengambil cuti lagi di tempat ia bekerja. “Yah kurang lah kalau cuma satu hari. Kalo gitu saya ambil cuti lagi aja dari jatah kantor. Wis biarin bolos sekalian,” tambahnya.

•    Editor: Moch Ilham

surabayapagi.com, Jumat : 26 Maret 2021 : 21:49:29

(nahimunkar.org)

(Dibaca 162 kali, 1 untuk hari ini)