Muslim Papua

 


 

Judul

:

Muslim Papua

Penulis

:

Dhurorudin Mashad

No ISBN

:

9789795928812

Kategori

:

Muslim Papua

Cover

:

Soft Cover

Isi

:

444 halaman

Ukuran

:

15,5 x 24 cm

Berat

:

550 gr

Harga

:

Rp 112.000,00

 

Muslim Papua

Papua dulu bernama Nuu Waar, menurut orang Islam, memiliki sejarah yang panjang terkait keberadaan umat Islam di sana.

Kesultanan Tidore, Ternate, Bacan, bahkan Kesultanan di Samudera Pasai, memiliki ikatan sejarah dengan Bumi Cenderawasih ini.

Sebelum agama-agama lain datang, umat Islam dari kesultanan-kesultanan tersebut telah lebih dulu berada di sana dan membangun tatanan sosial budaya dan sistem-sistem sosial lainnya.

    Karena itu, tak heran jika di Papua banyak didapati masjid-
masjid tua, perkampungan-perkampungan tua yang dihuni oleh umat Islam, bahkan juga ditemukan mushaf Al-Qur’an yang usianya sudah ratusan tahun. Raja Ampat misalnya, kawasan yang sangat terkenal di dunia dengan keindahan alamnya, sudah sejak lama mayoritas penduduknya adalah Muslim. Begitu pun di beberapa daerah lainnya, sebagaimana ditulis dalam buku ini.

    Buku yang ditulis oleh Dhurorudin Mashad, Ahli Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini bisa membuka wawasan kita semua tentang keberadaan Muslim di Papua. Dan, tentu juga memberikan fakta-fakta yang bisa menjadi gambaran, bahwa Papua tidak identik dengan satu agama saja. Namun begitu, buku ini juga tidak menafikan keberadaan agama-agama lain. Di antara spirit buku ini adalah membangun harmoni antar umat beragama, sehingga tercipta keadilan dan kesejahteraan yang dirasakan bersama.

http://kautsar.co.id/read/book/11/06/2020/745/muslim-papua/

(nahimunkar.org)

(Dibaca 229 kali, 1 untuk hari ini)