RUSIA (Panjimas.com) – Islamophobia kembali terjadi di Rusia. Pemerintah Rusia secara sepihak melarang peredaran kitab-kitab dan buku-buku Islam yang dianggap mengajarkan ajaran radikal.
Namun, larangan beredarnya buku-buku Islam ini langsung mendapat kecaman dari muslim Rusia. Bukan hanya buku Islam yang dilarang, namun beberapa kitab hadits juga ikut dilarang beredar di Rusia. Untuk itu, muslim Rusia membentuk komisi larangan buku Islam dan hadits.

“Ini tidak masuk akal untuk melarang kitab-kitab hadits, Sahih Al-Bukhari, yang penting bagi umat Islam,” ujar muslim Rusia, Mufti Muhammad Baibikov seperti dilansir WorldBulletin pada Selasa (28/10/2014).

Ulama Islam di wilayah Volgograd Rusia, Abdullah Haci Bat dan beberapa ulama lainnya juga mendukung rencana pembentukan komisi dengan melibatkan para ulama Islam. Sementara itu, ulama Rusia lainnya, Muhammad Rahimov juga memprotes larangan peredaran buku-buku Islam.
Menurutnya, larangan tersebut sangat tidak masuk akal. Hal tersebut dikarenakan pengadilan distrik telah mencapai putusan yang menguntungkan dari larangan buku-buku Islam dan membuat keputusan tersebut mengikat secara keseluruhan dengan pemerintah di seluruh Rusia. [GA/rplbk] Selasa, 04 Muharram 1436H / October 28, 2014

(nahimunkar.com)

(Dibaca 666 kali, 1 untuk hari ini)