Nabi Khidir Minta Segelas Air Minum ?

 


 

Jika ada orang di zaman ini yang mengaku sebagai Nabi Khidhir atau bertemu Nabi Khidhir ‘alaihissalam yang kisahnya ada dalam Al Qur’an, maka jangan percaya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah– mengatakan: “Jin juga banyak mendatangi manusia di beberapa tempat, dan mengatakan bahwa dia adalah Khidhir, sehingga orang itu meyakini bahwa memang itu Khidhir, padahal dia hanyalah jin.

Oleh karena itu, setan tidak berani mengatakan kepada seorangpun dari sahabat Nabi bahwa dia itu Khidhir, dan tidak seorang pun dari sahabat Nabi mengatakan bahwa saya telah melihat Khidhir. Namun hal ini hanya terjadi setelah zaman sahabat, dan semakin akhir zamannya, semakin banyak kejadiannya.

Bahkan jin biasa mendatangi kaum yahudi dan nasrani, dan mengatakan bahwa dia Khidhir. Sehingga kaum yahudi punya sinagog yang dikenal dengan Sinagog Khidhir, begitu pula banyak gereja kaum nasrani dikunjungi oleh Khidhir ini.

Dan Khidhir yang mendatangi orang ini berbeda dengan khidhir yang mendatangi orang itu, oleh karenanya diantara mereka ada yang mengatakan bahwa setiap wali itu memiliki Khidhir (sendiri-sendiri), padahal sebenarnya itu hanyalah JIN yang bersamanya” (Kitab Annubuwwat, hal: 1056-1058).

Syeikhul Islam –rahimahullah– juga mengatakan: “Tidak ada sahabat Nabi yang mengatakan bahwa dia didatangi oleh Khidhir, karena sesungguhnya Khidhir (yang bersama) Musa telah wafat. Dan Khidhir yang banyak mendatangi manusia, itu hanyalah jin yang menyerupakan dirinya dengan rupa manusia, atau manusia pendusta.

Dan tidak mungkin itu malaikat dengan perkataannya “saya adalah Khidhir”, karena malaikat itu tidak akan berdusta, tapi yang berdusta hanyalah jin dan manusia, dan (tetapi) para Sahabat Nabi itu LEBIH ALIM untuk digoda dengan tipuan semacam ini” (Majumu’ul Fatawa, 1/249).

Wallahu a’lam.

Penulis: Ust. Musyaffa Ad Darini, Lc., MA.

Reposting Fp Pengikut Sunnah

Link facebook.com/kajianpengikutsunnah

 

Foto postingan Pengikut Sunnah

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 503 kali, 1 untuk hari ini)