Suryo Prabowo (IST)


Poros maritim yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) mirip konsep yang disampaikan Sekjen Partai Komunis China Xi Jinping.

“Bila istilah Poros maritim yang digagas Pemerintah RI koq bisa mirip dengan jalur sutra maritim (Maritime Silk Road) yang pertama kali disampaikan oleh Presiden/Sekjen Partai Komunis Cina Xi Jinping dalam pidatonya di DPR RI Oktober 2013,” kata mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Suryo Prabowo di akun Facebook-nya.

Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) mengatakan seperti ini dengan mengutip artikel dari situs thediplomat.com berjudul “China Pushes ‘Maritime Silk Road’ in South, Southeast Asia”

Kata Prabowo, menurut Pasal 25A UUD 1945 (Amandemen), dan Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) 1982, NKRI adalah negara kepulauan. “Lalu mengapa Pemerintah RI memilih menggunakan istilah negara maritim. Apalah penggunaan istilah ini KEBETULAN sama dengan yang digunakan oleh Pemerintah China?” tanya Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengingatkan, bukan sebuah kebetulan bila penduduk pantai Timur Sumatera, di pantai Utara Jawa, pantai Barat Kalimantan WNI etnis Tionghoa dan buruh China.*/suaranasional.com – 14/05/2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 23.776 kali, 1 untuk hari ini)