Nike Inc. menghadapi tekanan untuk menarik kembali salah satu merek sepatu kets terkemuka setelah petisi online mengklaim bahwa desain logo sepatu tersebut ‘menghujat’ Islam. (Foto: Internet)

OREGON – Nike Inc. menghadapi tekanan untuk menarik kembali salah satu merek sepatu kets terkemuka setelah petisi online mengklaim bahwa desain logo sepatu tersebut ‘menghujat’ Islam.

Petisi yang dimulai oleh seorang pelanggan menuduh raksasa pakaian olahraga itu menggunakan logo pada Nike Air Max 270 yang menyerupai ‘Allah’, lapor Bloomberg, Kamis (31/1/2019).

Petisi yang dimulai oleh seorang pelanggan menuduh raksasa pakaian olahraga itu menggunakan logo pada Nike Air Max 270 yang menyerupai ‘Allah’. (Foto: Screenshot)

Kemarahan itu mendorong Nike untuk mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan bahwa logo itu adalah representasi khas dari merek dagang Air Max.

Setidaknya 16.000 orang telah menandatangani petisi, yang bertujuan mengumpulkan 25.000 tanda tangan. Mereka menyebut perusahaan sportswear raksasa itu “keterlaluan”.

“Ini tidak sopan dan sangat menyinggung umat Islam dan menghina Islam,” kata Saiqa Noreen, pelanggan yang memulai petisi.

“Kami mendesak Nike untuk menarik kembali sepatu yang menghujat dan ofensif ini dan semua produk dengan desain logo yang menyerupai kata Allah dari penjualan di seluruh dunia segera.”

Dalam pernyataan resminya, Nike membela diri bahwa setiap makna atau representasi yang dirasakan adalah “tidak disengaja”.

“Nike menghormati semua agama dan kami memperhatikan hal ini dengan serius,” ujarnya.

Nike menghadapi kontroversi serupa pada tahun 1997 ketika Dewan Hubungan Amerika-Islam menuduh logo perusahaan pada sepatu atletik tertentu menyerupai kata “Allah” dalam aksara Arab. Perusahaan itu kemudian menarik produk tersebut dari distributornya di seluruh dunia. (Althaf)

Oleh Althaf / arrahmah.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 491 kali, 1 untuk hari ini)