{رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ} [آل عمران: 191]

“Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka [Al ‘Imran191]

InfodariDokter – Tubuh Anda lelah dan perlu dikembalikan staminanya? Coba deh makan buah ini, yang dapat dengan segera mengembalikan stamina tubuh Anda.

Okra atau kacang Arab populer di dapur Mediterania dan India. Lantaran bentuknya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, okra disebut juga ladyfingers.

Bagian tengah okra berlubang-lubang dan berlendir. Menunjukkan bahwa sayuran berwarna hijau ini kaya serat.

Di Indonesia, okra memang kurang dikenal. Biasanya okra banyak diambil buah mudanya yang berbentuk silindris meruncing untuk sayur. Bahkan di beberapa negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah okra ini sangat populer.

Okra mengandung kadar Air 70-80%, protein 3.90%, lemak 2.05%, kalium 6.68%, fosfor 0.77%, karbohidrat 1.4%, dan kalori 39.97 kal/100g.

Kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, mangan, besi, serta kalsium tentu bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Luar biasanya, okra hijau memiliki semua nutrisi tersebut.

Salah satu masalah kesehatan yang dinilai dapat teratasi oleh okra hijau adalah diabetes. Hanya saja, kebenaran khasiat okra hijau dalam mengatasi diabetes masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Adapun manfaat lain yang bisa didapat dari okra hijau adalah:

  • Menurunkan kadar gula darah

Penelitian tentang tanaman okra dan penurunan kadar gula darah masih sangat baru. Di negara Turki, biji okra hijau yang dipanggang dipercaya mampu mengatasi penyakit diabetes.

  • Baik untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet bisa menjadikan okra hijau sebagai variasi makanan untuk dikonsumsi. Pasalnya, okra hijau termasuk jenis sayuran yang kaya akan serat. Dengan mengonsumsi okra hijau, perut akan merasa kenyang lebih lama sehingga mampu menahan rasa lapar. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki okra hijau baik untuk kesehatan pencernaan, terlebih bagi penderita diabetes. Selain okra, Anda bisa memanfaatkan berbagai sayuran lain untuk diet.

  • Mengatur tekanan darah dalam tubuh

Okra hijau mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, kalsium dan magnesium. Kandungan kalium yang terkandung dalam okra hijau bermanfaat dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh sekaligus mencegah hipertensi.

  • Mengatasi lelah berlebih

Tanaman okra hijau diduga mampu membantu proses pemulihan dan mengatasi kelelahan. Karena itulah, jika Anda memasukkan okra hijau ke dalam menu diet Anda dan mengimbanginya dengan olahraga yang rutin, Anda dapat beraktivitas lebih lama. Kekuatan tubuh pun lebih cepat pulih meskipun usai berolahraga.

  • Mencegah konstipasi

Kandungan lendir dan serat yang terdapat pada tanaman okra hijau memiliki manfaat mencegah gangguan buang air besar, seperti konstipasi.

Siasati Hidangan Berbahan Okra Hijau

Lendir dari okra hijau akan keluar jika Anda mengolahnya menjadi masakan. Lendir yang dikeluarkan inilah yang kerap membuat orang enggan untuk mengonsumsinya. Agar panganan berbahan okra hijau terlihat menarik, Anda bisa mengikuti beberapa resep penyajian berikut.

  • Untuk menjadikannya sebagai camilan yang mengenyangkan, Anda bisa membuat okra hijau goreng tepung. Pertama, buatlah adonannya terlebih dahulu. Campurkan kuning telur, air, dan tepung terigu dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Setelahnya, baluri okra hijau dengan adonan tersebut dan goreng hingga matang dan renyah.
  • Tumisan okra hijau bisa dijadikan sebagai makanan pendamping pada menu masakan ayam ataupun kambing. Tumisan okra hijau dapat dibuat dengan menumis okra hijau pada minyak dan menambahkan bahan-bahan lain, seperti bawang putih, bawang merah, tomat, perasan lemon, serta daun peterseli yang telah dicincang.
  • Masakan India bisa menjadi salah satu referensi resep dalam mengolah okra hijau. Tumislah terlebih dahulu okra hijau. Setelah okra hijau tersebut berwarna kecokelatan, Anda bisa mencampurkan berbagai rempah pedas ke dalamnya. Campurkan ketumbar yang telah dihaluskan, jintan, garam masala, dan bubuk cabai. Untuk menjadikannya lebih nikmat sekaligus menyehatkan, cocolkan pada yoghurt sebelum disantap.

Okra hijau memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Namun, membatasi konsumsi okra hijau tetap perlu dilakukan. Bagi Anda yang menderita diabetes dan sedang mengonsumsi  metformin (obat gula darah) dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi okra hijau. Pasalnya, sebuah penelitian mendeteksi, konsumsi okra hijau dan metformin secara bersamaan dapat berdampak kepada kenaikan kadar gula darah./ https://infodaridokter

***

Okra

Okra dikenal sebagai sayuran yang penuh dengan misteri. Sayuran okra memang sulit untuk ditemukan namun disupermarket biasanya sayuran ini bisa dibeli. Okra mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Okra mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu kandungan asam folat dalam okra bisa membantu meningkatkan jumlah sel telur. Bagi pria maka sayuran okra bisa meningkatkan kualitas sperma dan menjaga agar sperma tidak rusak akibat radikal bebas. / halosehat.com

***

Okra kaya akan serat dan juga mengandung glutation. Serat yang dikandung Okra ini sangat penting bagi tubuh untuk mencegah konstipasi / sembelit,  obesitas, hiperkolesterolemia, diabetes / kencing manis, dan kanker kolon / kanker usus besar.

Okra Berkhasiat Untuk Mencegah Kanker

Klorofil yang terdapat dalam Okra  memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.

Sebagai antioksidan, klorofil iyang menjadi kandungan utama Okra dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah atau disebut juga  aterosklerosis dapat dicegah. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Cara Menggunakan Okra Untuk Penderita Gula Darah dan Kolesterol

  1. 3 atau 4 buah okra, dirajang tipis, direndam dalam 2 gelas air, lalu masukkan di kulkas selama kira-kira 3 (tiga) jam.
  2. Hasil dari rendaman ini airnya menjadi berlendir.
  3. Selanjutnya diminum air nya saja, baik untuk diminum setelah makan.
  4. Setelah airnya habis diminum, tambah 2 gelas air lagi.
  5. Hasil rendaman kedua ini lendirnya tambah kental.
  6. Sejuk dingin rasanya, untuk minuman se hari-hari
  7. Irisan okra ini dapat direndam sampai 3 kali.

Bagi Penderita Asam urat dan kolesterol,  Sesudah 12 -14 hari, cek darah Anda di laboratorium. Bila hasilnya baik, mungkin bisa stop obat dokter, gunakan okra sebagai pengganti obat.

Bagi pria yg sakit diabetes, impoten, minum rendaman Okra  ini sampai 1 bulan, dan rasakan hasilnya. Bagi yang sakit lutut kena Osteo Arthritis, sakitnya dapat mereda dengan minum air rendaman ini.

Selamat mencoba semoga tetap sehat dan bugar, Salam Sehat!

sumber image : wecangrowit.org/azzamrumahherbal.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 6.376 kali, 1 untuk hari ini)