Orang yang Suka Bohong, dalam Kubur Mulutnya Ditusuk dengan Besi Sampai Hari Qiyamat

 


 

Ilustrasi, liang kubur/ foto media alkhairat

 

Adzab kubur bagi yang suka bohong, mulutnya ditusuk dengan besi sampai hari qiyamat.

 

Silakan simak:

Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang panjang, di dalamnya diceritakan,


أَمَّا الَّذِي رَأَيْتَهُ يُشَقُّ شِدْقُهُ، فَكَذَّابٌ يُحَدِّثُ بِالكَذْبَةِ، فَتُحْمَلُ عَنْهُ حَتَّى تَبْلُغَ الآفَاقَ، فَيُصْنَعُ بِهِ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ، وَالَّذِي رَأَيْتَهُ يُشْدَخُ رَأْسُهُ، فَرَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ القُرْآنَ، فَنَامَ عَنْهُ بِاللَّيْلِ وَلَمْ يَعْمَلْ فِيهِ بِالنَّهَارِ، يُفْعَلُ بِهِ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ


” … Adapun orang yang kamu lihat mulutnya ditusuk dengan besi adalah orang yang suka berdusta dan bila berkata selalu berbohong, maka dia dibawa hingga sampai ke ufuq lalu dia diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat. Adapun orang yang kamu lihat kepalanya dipecahkan adalah seorang yang telah diajarkan Al Qur’an oleh Allah lalu dia tidur pada suatu malam namun tidak melaksanakan Al Qur’an pada siang harinya, lalu dia diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat … ” (HR. Bukhari no. 1297).

 

Semoga yang suka bohong segera bertobat dengan sebenar-benarnya tobat (taubatan nashuha) dan benar2 tidak berbohong lagi sampai ajalnya.

Selengkapnya simak tentang azab kubur di sini: https://www.nahimunkar.org/adzab-kubur-apakah-berlangsung-terus-menerus-sampai-hari-kiamat/?

(nahimunkar.org)