Pusat wisata populer di pulau Kreta, Yunani yang terkenal dengan pantainya untuk turis telanjang, diguncang gempa kuat berkekuatan 6,4 SR. 

 

Dilansir BBC, Pulau Kreta Yunani telah dilanda gempa berkekuatan 6,4 skala Richter pada 12 Oktober kemarin, kata US Geological Survey (USGS), dengan pusat gempa di dekat ujung timur.

 

Beberapa bangunan rusak, dan ribuan orang terlihat meninggalkan rumah mereka dengan panik. Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa.

 

Institut Geodinamika Yunani menempatkan pusat gempa sedikit lebih jauh ke timur, di laut, dan mengatakan itu adalah gempa 6,3 SR.

 

Getaran terasa di beberapa pulau Dodecanese.

 

Kreta dilanda gempa berkekuatan 5,8 SR bulan lalu, yang menewaskan satu orang dan menyebabkan kerusakan.

 

USGS mengatakan pusat gempa hari Selasa pukul 09:24 GMT adalah desa Palekastro di timur Kreta. USGS menempatkan getaran pada kedalaman 10 km (6 mil), yang cukup dangkal dan karena itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

 

Institut Geodinamika menempatkan pusat gempa 32 km tenggara kota timur Zakros dan mengatakan itu sedikit lebih dalam.

 

Beberapa gempa susulan telah dilaporkan.

 

Ada juga laporan tentang longsoran batu di seluruh pulau.

 

Untuk diketahui, negara Yunani dikenal sebagai tempat yang memiliki pulau yang berlimpah menfasilitasi turis telanjang. Di antara yang paling populer bagi wisatawan asing yang ingin bebas adalah Agrari, Paraga, dan Agios Sostis di Mykonos dan Antiparos, Naxos, dan Paros dekat Crete adalah salah satu pantai telanjang yang dianggap paling populer di Mediterania.(*)

[PORTAL-ISLAM.ID] Kamis, 14 Oktober 2021 Berita Internasional

(nahimunkar.org)

 

(Dibaca 146 kali, 1 untuk hari ini)