Papan Reklame di Chicago AS Muat Anjuran Nabi Muhammad untuk Mencegah Penyebaran Wabah

 

Sebuah papan reklame di salah satu jalan raya di Chicago, AS, menampilkan anjuran dari Nabi Muhammad tentang membiasakan mencuci tangan, tidak meninggalkan daerah yang terjangkit wabah, dan tidak mengunjungi daerah yang dilanda wabah.

 

Foto papan reklame tersebut viral di Facebook dan media sosial lainnya. Para netizen menyebutkan saran yang diberikan Nabi Muhammad itu untuk mencegah epidemi.

 

Berita itu dibenarkan oleh Gain Peace Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam.

 

Gain Peace mengunggah foto papan reklame tersebut di halaman Facebook-nya. Dan menyatakan bahwa tujuan memasang papan iklan ini untuk memberi hormat kepada mereka yang peduli pada orang-orang yang terkena dampak virus Corona (Covid-19).

 

Yayasan itu menyatakan bahwa kalimat dalam reklame tersebut menyoroti saran dari Nabi Muhammad mengenai pencegahan selama pandemi. Juga mengkonfirmasi bahwa lukisan itu berlokasi di negara bagian Chicago, AS, dekat Bandara O’Hare. (*)

 


Gelora News 
19 April 2020

***

 

Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
tentang Wabah

و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ أَنَّ عُمَرَ خَرَجَ إِلَى الشَّامِ فَلَمَّا جَاءَ سَرْغَ بَلَغَهُ أَنَّ الْوَبَاءَ قَدْ وَقَعَ بِالشَّامِ فَأَخْبَرَهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأَرْضٍ فَلَا تَقْدَمُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا فِرَارًا مِنْهُ فَرَجَعَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ مِنْ سَرْغَ وَعَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عُمَرَ إِنَّمَا انْصَرَفَ بِالنَّاسِ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ

Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata; Aku membaca Hadits Malik dari Ibnu Syihab dari ‘Abdullah bin ‘Amir bin Rabi’ah bahwa “Pada suatu ketika ‘Umar bin Khaththab pergi ke Syam. Setelah sampai di Saragh, dia mendengar bahwa wabah penyakit sedang berjangkit di Syam. Maka ‘Abdurrahman bin ‘Auf mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: ‘Apabila kamu mendengar wabah berjangkit di suatu negeri, maka janganlah kamu datangi negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, janganlah kamu keluar dari negeri itu karena hendak melarikan diri darinya.’ Maka Umar pun kembali dari Saragh. Dan dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah; bahwa Umar kembali bersama orang-orang setelah mendengar Hadits Abdurrahman bin Auf.

 
 

(Hadits Shahih Muslim No. 4115 – Kitab Salam) hadits.id/hadits/muslim/4115

 

***

Video:

https://twitter.com/i/status/1221041411543523329

 
 

]  Sebuah video viral menunjukan kondisi seorang pasien yang terkena virus corona di Wuhan China./ dok ist net

https://www.nahimunkar.org/hadits-tentang-wabah/

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 625 kali, 1 untuk hari ini)