Ummahat_83457232904

Bantuan untuk korban banjir di Jakarta: Para ibu korban banjir di Rawa Jati Jakarta Selatan berkumpul untuk mendapatkan bantuan sembako dari para ibu Muslimah Kuwait. Gambar diambil sesaat sebelum acara pembagian bantuan, Sabtu 2 Februari 2013/ nahimunkar.com

Para ibu Muslimah di Kuwait mengumpulkan dana untuk membantu korban banjir di Jakarta. Dana itu terkumpul satu miliar rupiah, dan telah disalurkan langsung kepada para korban banjir di Jakarta, Sabtu 2 Februari 2013.

Ustadz Shalah Bakri dari Komite Kebajikan di Jakarta selaku penyalurnya, dalam pembagian bantuan kepada para korban Banjir di Rawajati Jakarta Selatan (salah satu lokasi yang diberi bantuan) menyebutkan bahwa bantuan itu murni dari para ibu Muslimah di Kuwait. Mereka mendengar berita bahwa Ummat Islam di Jakarta sedang kena banjir yang lebih besar dari yang lalu, maka mereka mengumpulkan dana untuk membantu sesama Muslim yang terkena musibah ini. Jadi bukan karena ingin dipilih sebagai ini dan itu, dan ini (bantuan) bukan dari Negara, tetapi dari ibu-ibu Muslimah.

Oleh karena itu, lanjutnya, para ibu Muslimah di Kuwait hanya memohon doa agar mereka diselamatkan Allah di dunia dan akherat.

Sampainya bantuan kepada Ummat Islam di lokasi ini, lanjut Ustadz Shalah, dengan wasilah (perantara) Ustadz Hartono Ahmad Jaiz yang isterinya dari sekitar sini.

Sementara itu Ustadz Hartono Ahmad Jaiz dalam kesempatan itu mengemukakan, bantuan itu dari para ibu Muslimah di Kuwait, dijelaskan oleh Pak Shalah tersebut karena memang beliau pernah kuliah di sana (dan anaknya pun kini ada yang kuliah di sana) yang sampai kini ada hubungan dengan mereka. Sedang terketuknya untuk memberikan batuan itu menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa dalam Islam, kesadaran manusia itu dapat terketuk apalagi ketika sesama Muslim terkena musibah. Karena memang dalam hadits disebutkan:

 وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Barang siapa memberi kemudahan kepada orang yang berada dalam kesulitan, maka Allah akan memberikan kemudahan di dunia dan akhirat. (HR Muslim).

Dengan melaksanakan anjuran dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang kini diujudkan dengan bantuan sembako ini banyak pelajaran yang kita peroleh. Di antaranya, ini merupakan bukti ukhuwah Islamiyah, kita dapat mendoakan mereka, sedang mereka mendapatkan doa serta pahala atas kebaikannya itu. Masih pula, inipun merupakan pelajaran, bahwa sesama kita Ummat Islam di sini sendiripun kalau ada yang kena musibah atau kekuranagn, maka perlu kita bantu, karena orang yang dari jauh pun terketuk untuk membantu.

Dalam kesempatan ini, seratus lebih kepala keluarga yang mendapatkan santunan di salah satu lokasi di antara beberapa lokasi yang dibantu itu tampak bergembira,  dan berterimakasih ketika mereka menerima sembako, sarung, selimut dan lainnya dalam karung yang beratnya sampai belasan kilo. Alhamdulillah, ucap mereka bersyukur.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 318 kali, 1 untuk hari ini)