DAMASKUS – Pasukan Suriah yang didukung oleh kendaraan lapis baja dan militer pada hari Minggu (13/5/2012) menembak tujuh warga sipil saat mereka menyerang sebuah desa Sunni di barat kota Hama, membakar sejumlah rumah penduduk, dan menangkap banyak orang, salah satu lembaga HAM menyatakan.

Empat peremuan ada di antara korban yang tewas dibunuh di desa Tamanaa di al Ghab, salah satu tempat yang membidani lahirnya pemberontakan terhadap presiden Bashar Al Assad, kata Jaringan HAM Suriah.

“Desa itu seperti dikenakan hukuman kolektif. Lebih dari setengah rumah-rumah yang ada di sana dibakar. Beberapa orang dieksekusi ketika mereka ditangkap. Sisanya tewas oleh pemboman,” kata sebuah pernyataan dari organisasi tersebut.

Aktivis oposisi mengatakan desa Muslim Sunni, yang menjadi salah satu dari puluhan target pasukan Assad dalam rangka merebut kembali kendali di kota-kota seperti Homs dan Hama, telah menjadi titik nyala untuk demonstrasi menentang Assad.

Mayoritas Sunni di Suriah terlibat dan berada di barisan depan pemberontakan terhadap Assad, yang begitu kuat memegang ke-Syiah-annya. (althaf/arrahmah.com) Senin, 14 Mei 2012 11:14:42

(nahimunkar.com)

(Dibaca 278 kali, 1 untuk hari ini)