Pelajar SD Luqman Al Hakim Surabaya dalam Aksi Peduli Bencana Garut , Senin (26/9/2016).


SURABAYA (Arrahmah.com) – Sebesar Rp 10.297.000 donasi pengalangan dana untuk warga banjir bandang di Garut, Jawa Barat telah terkumpul dari Siswa-I , Pengajar dan Wali Murid SD Luqman Al Hakim Surabaya dalam Aksi Peduli Bencana Garut , Senin (26/9/2016).

Kepala Sekolah SD Luqman Al-Hakim, Adi Purwanto mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran kepada anak didik.

“Penggalangan dana dan di akhiri do’a bersama ini sebagai bentuk edukasi kepada siswa agar tumbuh empati terhadap sesama dan peka terhadap kelestarian lingkungan,” Katannya saat acara berlangsung di Lapangan Play Ground SD Luqman Al Hakim.

Bukan sekali ini saja, tuturnya, siswa SD Luqman Al Hakim pernah menggelar kegiatan serupa. Tercatat semenjak bencana terjadinya Tsunami di Aceh, gempa bumi Padang Sumatera Barat, letusan Gunung Merapi di Yogjakarta, dan bencana alam lainnya, mereka juga melakukan penggalangan dana. Kegiatan ini patut diapresiasi dan semoga kelak siswa-i kami tumbuh menjadi generasi Islam yang berakhlak mulia dan berempati tinggi.

Selain itu, divisi Kesiswaan Harian Imam Zarkasyi menjelaskan bahwasannya tujuan kegiatan ini di adakan dalam rangka memberikan sarana wawasan tentang peduli sosial kepada murid, menumbuhkan rasa empati siswa, memberikan pelajaran langsung (praktik) dan turut bersuara, selamatkan Indonesia dari bencana.

“Dan utamanya kegiatan ini dalam rangka solidaritas sesama muslim dan kemanusiaan,” kata Alumnus Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL) Surabaya ini.

Adapun pendapat masyarakat menyambut kegiatan ini penuh antusias, respon masyarakat sangat luar biasa, khususnya para orang tua murid begitupula dengan siswa didik SD Luqman Hakim mengungkapkan bahwasannya teman-teman lainnya merelakan sisa uang sakunnya demi meringankan beban sesama.

“Tidak apa-apa uang sakuku berkurang, aku senang bisa membantu mereka,” Ujar Zahrotu Dzakia, siswi kelas satu.

Dalam menjadikan momen ini lebih mengenang kepada anak-anak, Syamsul Alam Jaga, Wakil Kepala Sekolah memimpin pelaksanaan kegiatan ini dengan berdoa bersama agar bangsa Indonesia senantiasa diberi keselamatan dan seluruh korban banjir Garut diberikan ketabahan. Dalam sesi do’a tersebut seluruh pengajar , wali murid dan siswa khusyu’ mendoakan korban banjir.

“Kita do’akan semoga keluarga korban diberikan kekuatan dan korban yang hilang bisa segera ditemukan.” Terang lelaki asal Sulawesi ini.

“Alhamdulillah, mereka senang dengan adanya aksi donasi ini, karena selain pembelajaran langsung juga mendidik kita para orang tua lebih peduli lagi, tidak mau kalah pada anak sendiri,” Tambah Magister Pendidikan Islam ini.

Adapun acara ini, lanjut Syamsul demikian sapaan akrabnya, terselenggara berkat kerjasama antara Lembaga Amil Zakat Nasional, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur dan SD Luqman Al Hakim*/Andre Rahmatullah, Humas BMH Jatim

Sumber: arrahmah.com/ azmuttaqin/ Selasa, 25 Zulhijjah 1437 H / 27 September 2016

(nahimukar.com)

(Dibaca 499 kali, 1 untuk hari ini)