Pelecehan? Nama Ulama kok Mau Dijadikan Nama Gereja Yasmin Bogor


Foto: GKI Yasmin di Jalan Abdullah bin Nuh, samping RS Hermina Bogor/ opsscrds

Inilah beritanya.

***

Tolak Nama Gereja Abdullah bin Nuh, Forkami: Itu Ulama Besar Indonesia

JAKARTA- Ketua Forum Komunikasi Muslim Indonesia (Forkami) Ustaz Achmad Iman bersikap menolak nama Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang akan mengganti nama menjadi Gereja Abdullah bin Nuh.

Nama itu dipakai lantaran GKI berada di jalan Abdullah bin Nuh Bogor, Jawa Barat. Sementara KH Abdullah bin Nuh adalah ulama besar Islam Indonesia yang mendapat pengakuan Internasional.

“Saya pikir itu sangat tidak tepat, Abdullah bin Nuh itu sudah identik ulama besar Muslim, tidak tepat diberikan nama untuk gereja,” ujar Achmad Iman melalui video di channel Bang HS TV, Kamis (17/6).

Achmad Iman mempersilahkan pihak GKI memilih nama yang lain. “Silahkan cari nama yang lain, jangan Abdullah bin Nuh,” ujarnya.

Dia bilang bahwa meskipun keluarga KH Abdullah bin Nuh setuju menggunakan nama itu, namun atas nama Agama, Achmad Iman tak menyetujui.

“Walaupun keluarganya menyetujui, tapi saya atas nama agama tidak setuju karena itu ulama besar dan levelnya sudah internasional,” jelasnya.

Achmad Iman juga mengapresiasi terkait upaya pemindahan lokasi GKI dari Curug Mekar (Yasmin) ke Cilendek Barat.

“Saya apresiasi, silahkan tapi prosesnya harus sesuai prosedur hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Pihak keluarga dari KH. Abdullah Bin Nuh dan GKI akhirnya bersepakat tidak akan mengunakan nama Abdullah Bin Nuh sebagai nama pengganti GKI.

“Demi bijaknya maka kami baik diri saya dan para pemangku kepentingan lainnya termasuk pengelola Gereja Yasmin sepakat untuk tidak lagi menggunakan nama KH Abdullah Bin Nuh,” kata KH Muhammad Mustofa Bin Abdullah Bin Nuh.

Mustofa pun berharap polemik nama itu berakhir aman dan damai demi kerukunan beragama.

Seperti diketahui, wacana penyematan nama Abdullah bin Nuh sebagai pengganti GKI Yasmin memunculkan polemik ditengah masyarakat.

Hal itu dikarenakan lokasi hibah lahan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bogor berada di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (fin/fajar).

FAJAR.CO.ID, Kamis, 17 Juni 2021 11:44

(nahimunkar.org)

(Dibaca 260 kali, 1 untuk hari ini)