Pemandangan Shalat Jumat di Masjidil Haram 25 Rajab 1441H/ 20 Maret 2020


 

Shalat Jum’at di Masjidil Haram Makkah 25 Rajab 1441H/ 20 Maret 2020/ foto diambil dari siaran langsung Makkah TV 1.

Pelaksanaan shalat Jum’at di Masjidil Haram Makkah, khatib naik mimbar sekitar pukul 12 29 waktu Saudi Arabia, berkhutbah lalu shalat, dan selesai pukul 12.52.

Khatib mengingatkan soal wabah, mengajak agar banyak berdoa kepada Allah Ta’ala dengan doa2 yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Hanya Allah lah yang menghilangi segala wabah dan penyakit. Di akhir khutbah, khatib berdoa agak Panjang untuk minta kepada Allah agar Umat Islam diselamatakan dari segala wabah dan bencana serta aneka kesulitan, dan agar Allah hancurkan musuh2 addiin.

Shalat Jum’at dilaksanakan setelah khutbah, Imam baca al-fatihah dan surat Quraisy (li iilaafi Quraisyin) di raka’at pertama, kemudian al-fatihah dan al-kautsar (innaa a’thaina) pada raka’at kedua.

***

Sejak 27 Februari 2020, Arab Saudi sementara tidak menerima kedatangan jamaah umrah.

Untuk sementara waktu, muslimin luar Saudi tidak diizinkan untuk umroh dan ziarah ke Masjid Nabawi sebagai bentuk pencegahan tersebarnya virus corona. Visa turis pun ditutup juga untuk sementara.

Arab Saudi telah menangguhkan untuk sementara waktu untuk masuk ke negara itu bagi umat Islam yang ingin melakukan umrah karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona yang mematikan, media setempat melaporkan Kamis (27/2/2020).

Mengutip Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, situs Arab News melaporkan bahwa penangguhan tersebut juga berlaku bagi mereka yang ingin mengunjungi (ziarah) Masjid Nabawi di Madinah./ nahimunkar.org 27 Februari 2020

(nahimunkar.org)