المركز الإسلامي في نيويورك يفتح أبوابه للمرة الأولى

AFP David Handschuh

Pusat Islam di dekat tempat penyerangan 11 September di New York dibuka tanpa protes dari pihak penentang.

Ratusan orang mengunjungi pameran untuk menandai pembukaan Rabu (21/09 2011) malam, di kawasan tidak jauh dari gedung World Trade Centre yang diserang tanggal 11 September 2001.

Tahun lalu, para pendukung pengembangan pusat Islam itu bentrok dengan mereka yang menentang dibangunnya tempat yang mencakup fasilitas musholla itu.

Pusat Islam yang disebut Park 51 itu terbuka untuk semua orang dan juga mencakup tugu peringatan serangan 11 September.

Ketua Park 51 Sharif El-Gamal mengatakan, fasilitas itu menunjukkan keragaman penduduk kota New York.

“Kami ingin memberikan sesuatu kepada New York, kepada setiap anak dan setiap orang. Pameran ini menunjukkan apa yang kami junjung yaitu masyarakat, pembangunan dan keragaman,” kata El-Gamal.

Fotografer Yahudi

Gamal menunjuk bentuk keragaman itu dalam salah satu karya yang dipamerkan, foto anak-anak New York oleh fotografer Danny Goldfield, seorang Yahudi.

Goldfield terinspirasi oleh cerita Rana Sodhi, seorang pemeluk Sikh yang pindah dari India ke Arizona. Kakaknya Balbir tewas terbunuh karena aksi balas dendam dengan latar belakang kebencian ras, empat hari setelah serangan 11 September.

“Mereka ingin membangun fasilitas untuk setiap orang dan itu terwakili di dinding-dinding pameran ini,” katanya.

Pusat Islam ini sendiri belum selesai dibangun sepenuhnya.

Sharif El-Gamal mengatakan, gedung tingkat 15 ini mencakup auditorium, program pendidikan, kolam renang, restauran, studio seni, dan fasilias untuk anak.

Ia menambahkan, yang paling diperlukan di kawasan Manhattan adalah masjid untuk menampung ribuan Muslim yang bekerja atau tinggal di kawasan itu.

“Hari ini untuk pertama kalinya, semua orang bisa menyaksikan langsung sekilas bagaimana bentuk Park 51,” kata El-Gamal.*

Keterangan foto: Pusat Islam di dekat tempat penyerangan 11 September di New York.

Sumber : bbc

Red: Syaiful Irwan

Jum’at, 23 September 2011 , Hidayatullah.com


الاسلام
،اخبار العالم

22.09.201113:17

افتتاح مركز إسلامي في نيويورك قريبا من مكان العملية الإرهابية في 11 سبتمبر

فتتح  مركز إسلامي في يوم الأربعاء 21 سبتمبر/أيلول بالقرب من المكان الذي كان ينتصب  فيه برجا التجارة العالمية في نيويورك ، اللذان  تم تدميرهما نتيجة العمليات الإرهابية في الحادي عشر من سبتمبر 2001.

وتزامن تاريخ إفتتاح المركز مع اليوم العالمي للسلام الذي أعلنته منظمة الأمم المتحدة سنة 1981 وأقيم فيه معرض صور للأطفال من 171 دولة يعيشون في الوقت الحالي في نيويورك.

وحسب ما أفاد به المشرفون على المشروع الذي سيتضمن أيضا إنشاء حديقة للأطفال وملاعب رياضية وعدة معارض للصور وقاعة احتفالات فإن إنجازه يتطلب العديد من السنوات.

وقد أثارت خطط بناء المركز الإسلامي و المسجد بجانب “الغراوند زيرو” حيث كان ينتصب برجا التجارة العالمية موجة من الإحتجاجات في الولايات المتحدة.

وقال منتقدو هذا المشروع ” إن المكان ليس مناسب لإنشاء مركز إسلامي بالقرب من الموضع الذي نفذ الإسلاميون المتطرفون فيه أعمالهم الإرهابية.” في حين رأى مناصرو المشروع أن الهدف من بناء المركزهو تلاحم صفوف أهالي نيويورك الذين ينتمون إلى أديان مختلفة.

وتجدر الإشارة إلى أن الرئيس الأمريكي باراك أوباما ومايكل كلومبرغ عمدة نيويورك قد ساندا بناء المركز الإسلامي والمسجد الذي افتتح امام المؤمنين قبل سنتين.

وافتتح في السنة الحالية في “غراوند زيرو”  بمناسبة الذكرى العاشرة لإعتداءات 11 سبتمبر مجمع تذكاري لضحايا الإعتداءات، ويجري العمل على قدم وساق لبناء ناطحات سحاب جديدة حول المجمع.

 http://arabic.rt.com/news_all_news/news/567288/

(nahimunkar.com)

(Dibaca 228 kali, 1 untuk hari ini)