AntiLiberalNews – Pasca terjadinya Tsunami Aceh tahun 2005, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan  melakukan kunjungan singkat ke provinsi Aceh  yang dilanda tsunami dan menawarkan untuk membangun setidaknya 1.000 rumah bagi korban.

Setelah tiba di penerbangan khusus dari Istanbul, Erdogan bertemu Menko Kesra Alwi Shihab (kepala koordinasi gugus tugas bencana Aceh nasional Indonesia) di bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

Mereka segera mengunjungi pusat pengungsi di Desa Kueh, 10 kilometer selatan Banda Aceh, di mana Bulan Sabit Merah Turki membantu.

“Kebutuhan kita lihat di sini mengenai perumahan, sekolah serta rumah sakit, kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu sebanyak yang kita bisa,” kata Erdogan.

Erdogan, disertai dengan rombongan sekitar 150 termasuk Menteri Perdagangan Mehmet Aydin, kemudian mengunjungi sebuah bangunan urusan sosial di Banda Aceh yang telah
direhabilitasi oleh relawan Turki.

Erdogan mengatakan pemerintahnya berencana membangun setidaknya 1.000 rumah serta rumah sakit dan sekolah untuk membantu korban di Aceh. Dia mengatakan Turki akan membantu menghidupkan kembali industri perikanan dengan menyediakan peralatan.

“Kampung Turki” Itu Bernama Bitai

Kampung-Turki-Itu-Bernama-Bitai

Pasca Tsunami Aceh, Turki membantu dengan membangun ratusan rumah untuk korban Tsunami Aceh salah satunya di Gampoeng (desa) Bitai.

Bitai adalah sebuah desa/kelurahan di Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Sebelum terjadi Tsunami pada samudra Hindia 26 Desember 2004, penduduknya berjumlah 1.580 jiwa. Dari hasil sensus pasca tsunami diketahui jumlah penduduknya sekarang berjumlah 421 jiwa (2005).

Desa Bitai yang porak poranda saat Tsunami ini sudah dibangun kembali dengan bantuan Turki lewat Bulan Tsabit Merah Turki yang membantu pembangunan rumah-rumah penduduk yang hancur diterpa oleh gelombang tsunami 26 Desember 2004 lalu.

Bantuan negara Turki yang difasilitasi juga dari kedutaan besar Turki di Jakarta dan dibuat rumah sebanyak 350 buah bagi warga yang selamat dari Gempa Bumi dan Tsunami.

Bantuan ini diresmikan langsung oleh Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Ali Sahin yang datang ke Bitai Banda Aceh serta disaksikan oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Red : Maulana Mustofa

Sumber : antiliberalnews.com

(nahimunkar.com)