Pemisahan Pria dan Wanita Baru di Halte, belum di dalam Bus

Antrean masuk dan keluar TransJakarta di setiap halte dipisah antara laki-laki dan perempuan. Penumpang wanita berharap pemisahan juga terjadi di dalam badan bus.
Inilah beritanya:

Kamis, 10/06/2010 10:40 WIB

Pencabulan di TransJ

Pemisahan Penumpang Sebaiknya Juga di dalam Bus, Tak Cuma di Halte

Didi Syafirdi – detikNews

TransJakarta kini menerapkan sistem antrean baru terhadap penumpangnya. Antrean masuk dan keluar TransJakarta di setiap halte dipisah antara laki-laki dan perempuan. Penumpang wanita berharap pemisahan juga terjadi di dalam badan bus.

Pantauan detikcom di Halte Setiabudi Utara, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (10/6/2010), kertas berukuran A4 sudah ditempel di masing-masing pintu antrean penumpang di halte.

Di jalur Ragunan-Dukuh Atas, di pintu masuk pertamanya sudah ditempel selebaran bertuliskan ‘Laki-laki’ dan gambarnya. Sedangkan di pintu kedua ditempel ‘Perempuan’ dan gambarnya.

Begitu juga sebaliknya yang jalur mengarah Dukuh Atas-Ragunan. Pintu pertama untuk laki-laki dan pintu kedua untuk perempuan. Namun pemisahan ini hanya sekadar tempelan tulisan. Tidak tampak sekat yang membatasi antara laki-laki dan perempuan.

“Seharusnya tidak hanya dibatasi di halte saja. Karena saya pernah mengalami pelecehan yang terjadi di dalam bus pas lagi berdesak-desakan,” kata seorang penumpang yang sedang antre di pintu perempuan, Devi (22).

Devi mengakui kalau dirinya pernah mengalami pelecehan seksual yakni ada seorang laki-laki menggesek-gesekkan alat kelaminnya di belakang tubuhnya. Menurut Devi seharusnya petugas bisa cepat tanggap jika ada kejadian tersebut.

“Petugas juga lebih tanggap kalau melihat begitu. Jangan diam saja,” pintanya.

Penumpang yang hendak masuk ke halte tampak sudah mengerti dengan melihat petunjuk selebaran yang berada di pintu masuk. Perempuan dan laki-laki mengantre sesuai dengan petunjuk selebaran tersebut. Karena itu petugas busway atau bagian ticketing tidak ada yang menjelaskan lagi kepada penumpang kalau antrean laki-laki dan perempuan sudah dipisah sejak kemarin Rabu (9/6).

“Memang dari kemarin sudah dipasang untuk kenyamanan penumpang. Kita mencegah agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan,” kata petugas busway Aan Syamsudin.

Pemisahan antrean masuk ini tidak hanya ada di halte Setiabudi. Hampir seluruh halte sudah dipasangi selebaran pemisahan antara laki-laki dan perempuan. Selain di halte Setiabudi Utara, selebaran tampak sudah dipasang di halte GOR Soemantri dan halte Depkes. (gus/fay)

Sumber: detiknews

(Dibaca 320 kali, 1 untuk hari ini)