• Stadion JIS Rencana Dipakai Shalat Idul Fitri 1443 H, Bakal Dihadiri Anies Baswedan


    Jakarta International Stadium (Foto: IG Anies Baswedan)

 

Simak ini.

***

Stadion JIS Rencana Dipakai Shalat Idul Fitri 1443 H, Bakal Dihadiri Anies Baswedan

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika berada di stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara (twitter @aniesbaswedan)

Terkini.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan akan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ketua MUI PusatKH Cholil Nafis rencana jadi Khatib nantinya.

Sebanyak 6 ribu orang hingga 8 ribu orang diperkirakan akan membanjiri Shalat Idul Fitri 1443 H yang digelar Pemprov DKI Jakarta ini.

Kabag Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Setda DKI Jakarta, Aceng Zaeni menjelaskan bahwa pihaknya menunjuk Ketua MUI Pusat, KH Cholil Nafissebagai khatib dalam shalat hari raya tersebut.

Sementara untuk mengantisipasi jemaah yang datang, pihaknya akan memanfaatkan area concord selatan. Dikatakan Aceng, area selatan diperkirakan bakal mampu menampung hingga 14 ribu jemaah.

“Bila jumlah jemaah yang hadir lebih dari itu, bagian ramp timur JIS juga bakal difungsikan sebagai area shalat,” tuturnya, Rabu, 27 April 2022 seperti dikutip dari Pojoksatu.

Baca Juga: Kang Dede ke Anggota TGUPP: Publik Tak Akan Mudah Dibodohi…

Sedangkan untuk mengakomodir kendaraan jemaah, area parkir JIS siap menampung hingga 1.295 kendaraan roda empat. Kemudian area lahan ITF akan disiapkan menjadi parkiran kendaraan roda dua dengan kapasitas hingga 1.100 motor.

Selain itu, area parkir kawasan pertokoan, kampus UNTAG dan Hotel Arcici juga bakal dimanfaatkan menampung kendaraan jemaah bila lokasi yang telah disiapkan tidak memadai.

Aceng mengimbau bagi jemaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di JIS untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, kantong sandal ramah lingkungan dan tumbler.

Pihaknya juga memastikan tidak menyediakan tempat penitipan sandal/sepatu.

“Sebaiknya jemaah sudah wudhu dari rumah, tidak menggunakan koran bekas sebagai alas dan tidak membawa minuman kemasan plastik sekali pakai agar tidak mengotori setelah pelaksanaan shalat,” tandasnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan akan melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Timur.

“Pak Anies pastinya datang pas shalat Idul Fitri,” ujar Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini saat dihubungi melalui telepon, Kamis, 21 April 2022.

Namun, untuk rangkaian acara Festival Takbiran di JIS, Aceng mengatakan kehadiran orang nomor satu di DKI Jakarta itu bersifat situasional.

“Kalau (ketika Festival Takbiran), (kehadiran) Pak Anies situasional,” kata dia

Thamrin Nawawi

makassar.terkini.id, 27 Apr 2022 21:56 WITA

***

Pemprov DKI Akan Gelar Takbiran dan Sholat Idul Fitri di JIS

 


JAKARTA 
– Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar festival malam takbiran dan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran. Sholat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium,” kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto dalam keterangannya dikutip.

Kegiatan merupakan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta. Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan.

“Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu, ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” ujarnya.

Adapun sejumlah kegiatan menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah mulai dari;

– Munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022.

– Ornamen Ramadan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta. Ornamen bertemakan Ramadan dari tanggal 26 Maret – 1 Mei 2022, dan Ornamen bertemakan Idul Fitri tanggal 1 Mei – 14 Mei 2022 di 5 wilayah kota administrasi.

 


– Ramadan Market Festival di setiap Kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil.

– Wisata Religi Spesial Ramadan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

– Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid atau pondok pesantren, dan sebagainya.

– 30 hari khatam Alquran, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama bulan Ramadan.

– Kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50.000 (lima puluh ribu) bungkus yang dibagikan ke masjid, musholla, halte Transjakarta, dan ruang publik lainnya, pada tanggal 2 April – 1 Mei 2022.

– Duta Imam Sholat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Sholat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April – 1 Mei 2022.

– Kegiatan kolaborasi masyarakat, mendukung dan mengolaborasikan kegiatan yang diinisiasi Lembaga Keagamaan Islam selama bulan Ramadan.

Ragam kegiatan ini merupakan kolaborasi lintas OPD Provinsi DKI Jakarta dan BUMD seperti PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), PT Jakarta Propertindo, PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, PT Bank DKI Jakarta. Kemudian, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT LRT, PT MITJ, dan Perumda Pasar Jaya. Kolaborasi juga dilakukan dengan ormas Islam, swasta, dan masyarakat luas.

Untuk info lebih lengkap dan jadwal acara lebih lanjut, dapat diakses melalui instagram @ramadandijkt.

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 04 April 2022 16:15 WIB

(nahimunkar.org)