pangi syarwi chaniago (ist)


Jakarta, Aktual.com – Hasil gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur non aktif DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan diputuskan besok, Rabu (16/11).

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai keputusan Polri besok bakal membuktikan sikap asli Presiden Joko Widodo terhadap penegakan hukum di Indonesia.

“Ini akan membuktikan, presiden tegas keatas atau tegas kebawah. Kalau kebawah dia (Ahok) dibebaskan. Kalau ke atas kemungkinan ditersangkakan,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center ini di Jakarta, Selasa (15/11).

“Dilihat dari kepentingan Ahok kan kepentingan pemodal,” tambahnya.

Meski demikian, Pangi mengakui bahwa presiden dalam situasi yang sulit. Sebab, jika Ahok dinyatakan bebas tak bersalah maka Jokowi akan kembali berhadapan dengan jutaan rakyat di depan Istana.

“Sekarang posisi presiden itu simalakama. Kejepit, Serba sulit, atas sulit kebawah sulit. Jadi Nanti kita lihat sikap presiden,” kata Pangi.

Kalau tersangka, tambah Pangi, implikasi-nya hanya akan menyenangkan sebagian orang.

“Tapi kalau bebas justru ini pertaruhan yang cukup besar. Presiden akan habiskan energi lagi, dan pastinya merobek kebhinekaan kita. Tentu terganggu lah rasa toleransi kita,”

“Saya kira presiden, enggak akan ambil resiko ‘bunuh diri’. Karena tekanan massa enggak bisa diprediksi,” pungkas Pangi.(Andy Abdul Hamid)

Sumber : aktual.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 3.774 kali, 1 untuk hari ini)