Menurut Kantor Berita ABNA, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian disambut oleh mitranya Kepala Kepolisian Iran Brigadir Jenderal Hossein Ashtari  dalam kunjungannya ke Teheran Republik Islam Iran kamis (25/5).

Dalam pertemuan tersebut ditanda tangani beberapa dokumen di bidang peningkatan kerjasama oleh Kepala Polisi Iran dan Indonesia. / id.abna24.com

***

Raja Salman Sebut Iran Sebagai Sponsor Terorisme Dunia

by Nahimunkar.com, 22 Mei 2017

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz berfoto bersama Presiden AS Donald Trump dan puluhan pemimpin negara-negara Muslim antara lain Raja Jordania Abdullah dan Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi.(MANDEL NGAN / AFP)

RIYADH, KOMPAS.com – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Minggu (21/5/2017), menyebut Iran sebagai penyebar paham radikalisme ke seluruh dunia.

“Rezim Iran telah lama menjadi pemimpin terorisme global sejak revolusi (Ayatollah Ruhollah) Khomeini pada 1979,” ujar Raja Salman dalam pidatonya di hadapan puluhan kepala negara termasuk Presiden AS Donald Trump, di Riyadh.

“Kami tak mengetahui terorisme dan ekstremisme hingga revolusi Khomeini muncul,” tambah Salman.

Dalam pidato yang sama, Raja Salman juga berjanji bahwa Arab Saudi tetap akan berupaya untuk menghancurkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sementara itu, Presiden Trump menyerukan agar negara-negara Muslim menolak untuk melindungi kelompok eksremis dan menyerukan isolasi terhadap Iran.

Iran, menurut Presiden Trump, adalah negara yang menyebabkan maraknya konflik sektarian dan terorisme.

“Dari Lebanon ke Irak hingga Yaman, Iran mendanai , mempersenjatai, dan melatih para teroris, milisi, dan kelompok-kelompok ekstremis yang menyebarkan kehancuran serta kekacauan di seluruh kawasan,” tambah Trump dalam pidatonya.

“Hingga rezim Iran bersedia ikut menciptakan perdamaian dunia, semua negara harus bekerja sama mengucilkan Iran dan berdoa agar rakyat Iran segera mendapatkan pemimpin yang tepat,” ujar Trump.

Trump mengunjungi Arab Saudi sebagai negara pertama dalam rangkaian perjalanan kerja perdana ke luar negeri sejak memerintah.

Di Arab Saudi, Trump bertemu dengan puluhan pemimpin negara Muslim yang hadir di Riyadh untuk menghadiri sebuah KTT khusus.

Selain menghadiri KTT negara-negara Muslim ini, Presiden Trump juga meneken kesepakatan penjualan senjata ke Arab Saudi dengan nilai hampir 100 miliar dolar AS.

Editor : Ervan Hardoko

Sumber: AFP / newsjs.com

***

Jokowi Bicara Soal Radikalisme dan Terorisme di KTT Arab Islam Amerika

by Nahimunkar.com, 22 Mei 2017

Presiden Jokowi di KTT Arab Islam Amerika. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo menghadiri Arab Islamic America Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika yang dihelat di King Abdulaziz Convention Center, Minggu (21/5). Dalam pertemuan itu Jokowi memaparkan upaya Indonesia dalam mengatasi radikalisme dan terorisme.

Rombongan Jokowi tiba di King Abdulaziz Convention Center, pada pukul 14.25 waktu setempat. Jokowi kemudian disambut oleh Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud.

Presiden Jokowi di KTT Arab Islam Amerika. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Kepresidenan)

Pada acara tersebut Jokowi didampingi Menkopolhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menlu AM Fachir, Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius, Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri (KPN) Andri Hadi.

Tak lama setelah kedatangan, mereka mengikuti santap siang bersama Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud.

Presiden Jokowi di KTT Arab Islam Amerika. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Kepresidenan)

Setelah itu, Jokowi menuju ruangan untuk berfoto bersama 39 kepala negara yang hadir di KTT Arab Islam Amerika, pukul 16.45 waktu setempat. Antara lain Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, Raja Jordan Raja Abdullah II, Presiden Mesir Abdelfattah Said Al-Sisi, Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

KTT Arab Islam Amerika tersebut diikuti oleh 55 negara. Setelah berfoto bersama para kepala serta perwakilan negara mengikuti sidang pleno yang dihelat di Conference Hall King Abdulaziz Convention Center.

Di acara tersebut Jokowi menyampaikan pesan dan berbagi pengalaman upaya Indonesia melawan radikalisme dan terorisme. Selain itu Jokowi juga menyampaikan pentingnya kerja sama internasional dalam pemberantasan radikalisme dan terorisme.

Sumber: kumparan.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 3.099 kali, 1 untuk hari ini)