Pesantren Tahfidh Al-Qur’an “Al-Ikhlash” Tampung 1.000 Pengungsi Merapi

Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an “Al-Ikhlash” Tlatar Sawangan Magelang, pimpinan Ustadz Muhammad Wujud, menampung 1.000 pengungsi musibah letusan Gunung Merapi. Pada hari ke lima ini kondisi di Magelang sekitar pengungsian yang berjarak 13 kilometer dari Merapi kea rah utara pekat dengan abu, Karena kamis pagi, merapi meletus lagi.

Ustadz Muhammad wujud mengemukakan kondisi lingkungannya Kamsi pagi (4 Nov 2010): “Di sini Hujan debu, kami sedang berjalan nyaris tidak dapat melihat arah depan, tak kelihatan langit, karena jam 05 50 pagi tadi terjadi lagi letusan Merapi,” ujarnya kepada nahimunkar.com.

Ketika ditanya tentang kebutuhan pengungsi, dia menjawab, kebutuhan 1000 pengungsi itu diantaranya sarana untuk kebersihan badan para pengungsi seperti sabun dan lain-lain, perlengkapan ,selimut, tikar, kerudung, mukena, masker. Apa saja insya Allah semua brermanfaat. Sedang mengenai air terpaksa harus menambah dengan membuat sumur bor, ungkapnya.

Masyarakat yang tertimpa musibah ini mengungsi di halaman Masjid dan Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an “Al-Ikhlash”Tlatar Sawangan Magelang. Luas 5000 meter dengan kondisi yang ada Alhamdulillah tempatnya cukup, jelas Ust Wujud.

Pihaknya punya 4 kelas yang baru, maka itu untuk menampung pengungsi perempuan, di lantai atas. Sedang untuk kaum lelaki dibuatkan tratag di depan masjid. Jadi dipisah antara lelaki dan perempuan, sesuai syari’at Allah Ta’ala.

Untuk mengurusi 1000 pengungsi itu pesantren ini mengerahkan 40 tenaga (relawan) yang terdri dari para ustadz, santri, dan kawan-kawan yang biasa aktif di pengajian.

Dana yang diperlukan untuk menampung para pengungsi korban letusan Merapi ini tentunya tidak dapat dipikul oleh pesantren sebagai penampung. Masih perlu aneka bantuan dari Ummat Islam yang ingin bederma, untuk membantu yang sedang tertimpa musibah. Dan itupun pada dasarnya untuk tabungan bagi para muhsinin itu sendiri di akherat kelak. Bagi muhsinin yang terketuk hatinya atas adanya musibah ini dipersilakan untuk menyampaikan ke alamat pesantren tersebut atau melalui rekening BCA nomor 344 003 1357 atas nama Muhammad Wujud. (nahimunkar.com)

(Dibaca 325 kali, 1 untuk hari ini)