Polisi Ringkus Pelaku Pembakar Al Quran dan Penghina Palestina


Tersangka pembakar Al Quran di Kebayoran Lama ditangkap (Indozone)

Jakarta, – Publik kembali dihebohkan oleh kasus pembakaran Alquran. Kali ini, pelaku diduga merupakan seorang perempuan yang beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam hal ini, kepolisian telah meringkus seseorang yang diduga sebagai pelaku dan berjenis kelamin laki-laki. Penangkapan dilakukan di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

“Benar (sudah ditangkap),” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah saat dikonfirmasi, Senin (24/5/2021).

Hanya saja, Azis belum menjelaskan secara detail kronologi penangkapan tersebut. Menurut dia, kasus tersebut akan dibeberkan oleh jajaran Polda Metro Jaya.


“Kabid Humas nanti yang statement,” singkat dia.

Sebelumnya, polisi sudah memeriksa perempuan yang diduga sebagai pelaku pembakaran. Namun yang bersangkutan menyatakan tidak melakukan hal tersebut, mulai dari mengunggah atau membakar Alquran.

Dari pengakuan terduga pelaku, namanya dicatut oleh akun Instagram @farhanah_santoso_245.


“Nama akun sudah diperiksa, tapi namanya dipakai orang,” kata Azis, kemarin.

Aksi pembakaran Alquran yang diunggah akun Instagram @farhanah_santoso_245 bahkan viral di media sosial.

Berdasarkan video itu, terlihat api membakar setengah Alquran, dan ada juga kata-kata tidak pantas yang ditulis di halaman kitab suci umat Islam tersebut.

Bahkan, dalam video tersebut tercantum foto KTP seorang perempuan yang beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, diduga pemilik akun @farhanah_santoso_245.

 
 

(Devi Puspitasari\Editor)

law-justice.co Senin, 24/05/2021 16:45 WIB

***

Ketua RT Ungkap Sosok Wanita Viral Diduga Pembakar Al-Qur’an di Jaksel

Jakarta – 

Sebuah foto aksi pembakaran Al-Quran yang diunggah seseorang wanita berinisial F viral di media sosial. Kejadian itu disebut-sebut terjadi di wilayah Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

detikcom menelusuri keberadaan F di Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel. Di sana, detikcom bertemu dengan bibi F tapi menolak diwawancara.

Ketu RT setempat, Biso Raharjo (70), mengungkapkan sosok F adalah warganya. Menurut Biso, F pernah tersandung kasus serupa pada 2020.


“Benar itu tahun lalu, sama FPI bermasalahnya. Ada warga RW sebelah FPI itu datang ke saya nanya soal warga F ini. Kasusnya sama penistaan agama gitu-gitu juga,” ujar Biso kepada detikcom saat ditemui di kediamannya, Senin (24/5/2021).

“Saya kasih tahu rumahnya, cuma pas sampai itu sempat emosi dan ramai massa. Terus dibawa ke balai RW buat musyawarah. Ada ibunya juga, kalau dari keterangan ibunya, dari F itu bukan dia yang melakukan,” lanjut Biso.

Dia mengungkapkan F dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan jarang bergaul.

“Selama ini saya nggak pernah ngomong sama dia kayaknya. Saya tanya anak-anak seumuran dia di sini katanya juga jarang bergaul, nggak aktif juga di karang taruna, jadi orangnya nggak dikenal, nggak aktif, tertutup. Makanya saya nggak tahu,” ungkapnya.

 

Halaman selanjutnya, F dijemput polisi

Tonton juga Video: Polri Kirim Permohonan Ekstradisi Jozeph Paul Zhang Agar Ditangkap

 

Biso mengatakan F diamankan polisi pada Sabtu (22/5). Polisi juga meminta keterangan dari keluarga F.

“Kemarin sore Sabtu dibawa jam 15.45 WIB, ibunya P, anaknya 3 dibawa ke Polsek. Saya dapat info F udah ada di polsek malamnya (Sabtu), Minggu paginya dibawa ke Polres keluarga sama F,” kata Biso.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan mengusut dugaan pembakaran Al-Quran yang menjadi viral setelah diunggah di media sosial Instagram. Al-Quran itu juga dicoret-coret.

 

“Dalam penyelidikan,” kata Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah seperti dilansir Antara, Minggu (23/5/2021).

Polisi sudah memeriksa perempuan yang diduga sebagai pelaku pembakaran. Perempuan itu mengaku bukan dia yang mengunggah atau membakar Al-Qur’an tersebut.

Dia menjelaskan, dari pengakuan terduga pelaku, namanya dicatut oleh sebuah akun Instagram. “Nama akun sudah diperiksa, tapi namanya dipakai orang,” kata Azis.

 

(mea/fjp)

Rakha Arlyanto – detikNews

Senin, 24 Mei 2021 13:19 WIB

***

Viral Cewek Bakar Al-Quran Hingga Sebut Mampus ke Warga Gaza, Netizen Berang

Posted on 23 Mei 2021

by Nahimunkar.org


Aksi seorang wanita membakar Al-Quran tengah menjadi sorotan netizen. Dia diketahui melakukan pembakaran Al-Quran dalam rangka merayakan banyaknya warga Palestina yang tewas diserang Israel.

 
 

Video pembakaran Al-Quran tersebut di unggah di akun @farhanah_santoso_2425. Namun, akunnya kini sudah dihapus oleh pihak Instagram. Namun, unggahan-unggahan wanita tersebut sudah sempat diabadikan oleh netizen.

 
 

“Rayakan kemenangan. Terima kasih Israel telah mengurangi belatung muslim dongook pembuat teror,” tulis wanita tersebut pada caption videonya.

 
 

Tidak hanya membakar Al-Quran saja, ia juga mengunggah foto anak-anak Gaza korban yang tewas akibat serangan Israel dan menyebutnya mampus.

 
 

“Turut berbahagia atas mampusnya warga Gaza,” tulisnya.

 
 

Belum diketahui identitas pemilik akun tersebut. Namun, di biodata Instagram-nya ia menuliskan bahwa akunnya terebut khusus untuk non Muslim. Dia juga menulis “Open BO Peninggaran Timur 1” pada biodatanya.

 
 

Aksi wanita ini pun viral dan menuai kecaman dari netizen. Banyak yang meminta polisi mencari pemilik akun tersebut dan memprosesnya secara hukum tidak hanya sekadar minta maaf saja.

 
 

“Harus di balas dengan setimpal timpalnya, jangan cuma klarifikasi minta maaf,” kata seorang netizen.

“Apa-apa’an ini.., usut tuntas siapa pelakunya,” kata netizen lainnya.

Video:

 
 

https://twitter.com/i/status/1396029854538092546

@geloranews

23 Mei 2021

(nahimunkar.org)

 


 

(Dibaca 403 kali, 1 untuk hari ini)