Polri Pastikan Kasus Abu Janda Masih Berjalan soal Dugaan Rasis dan Penghinaan Terhadap Islam

  • Kapolri menekankan pengusutan kasus UU ITE tetap berjalan, jika kasus itu menyangkut soal SARA dan hal pemecah belah lainnya.
  • Yang jelas masih dilakukan upaya-upaya yang dilakukan Bareskrim Polri untuk menindak lanjuti kasus yang menyangkut Abu Janda…” kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/3).

 

  • Abu Janda dilaporkan atas cuitannya di Twitter yang menyebut agama Islam adalah agama yang arogan di Indonesia. Ia mengatakan Islam sebagai agama pendatang dari Arab.

 


 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan kasus dugaan rasis dan penghinaan terhadap Islam dengan terlapor Permadi Arya alias Abu Janda masih tetap berjalan.

 

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri agar penyidik selektif dalam pengusutan kasus yang berkaitan dengan UU ITE itu, dimana Kapolri menekankan pengusutan kasus UU ITE tetap berjalan, jika kasus itu menyangkut soal SARA dan hal pemecah belah lainnya.

 

“Yang jelas masih dilakukan upaya-upaya yang dilakukan Bareskrim Polri untuk menindak lanjuti kasus yang menyangkut Abu Janda nanti kita lihat perkembangan itu semua kedepannya. (Penyidikan) masih berjalan,” kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/3).

 

Sebelumnya Abu Janda Dilaporkan DPP KNPI ke Bareskrim Polri pada Kamis, 28 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan atas cuitannya di Twitter yang menyebut agama Islam adalah agama yang arogan di Indonesia. Ia mengatakan Islam sebagai agama pendatang dari Arab.

 

Berikut cuitan Abu Janda dalam akun @permadiaktivis1

 

Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam, sebagai agama pendatang dari Arab, kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat.”

 

Cuitan itu kemudian memancing kemarahan masyarakat, termasuk mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi. Susi meminta agar masyarakat tak menanggapi dan memberi panggung kepada tindakan Abu Janda tersebut. 

 

Source: Silahkan Klik Link Ini

Diterbikan: oposisicerdas.com

Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers/RMOL

Rabu, Maret 03, 2021  HukumTrending Topic

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 154 kali, 1 untuk hari ini)