Gambar ilustrasi tingkat popularitas pasangan capres di google trends pekan ini.(Foto : Kitakini.news)


Data Google Trends terkait popularitas dua pasangan calon presiden RI yakni Jokowi-Amin maupun Prabowo-Sandi menunjukkan pasangan capres nomor urut 02 unggul telak dari pasangan nomor urut 01.

Penulis Sukri Harahap

Kitakini.news – Selama bulan Februari 2019, data google trends menunjukkan popularitas pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi menang telak dari pasangan Jokowi-Amin. Pasangan Prabowo-Sandi memperoleh nilai popularitas sebesar 78,24%, sedangkan pasangan Jokowi-Amin hanya memperoleh 21,76%.

Tangkapan layar Google Trends untuk perbandingan istilah Prabowo-Sandi (biru) dan Jokowi-Amin (merah) selama periode Februari 2019.

Nilai popularitas kedua pasangan capres dan cawapres ini diperoleh dengan membandingkan istilah penelusuran “Prabowo Sandi” dan “Jokowi Amin” di Google trends untuk wilayah Indonesia. Selain itu, nilai popularitas ini diukur untuk periode selama bulan Februari 2019 (Mulai tanggal 1 hingga 28 Februari 2019) di semua kategori penelusuran Web.

Pantauan tim Kitakini News, popularitas masing-masing pasangan capres dan cawapres ini diperoleh dari nilai persentase rata-rata di 33 SubWilayah Indonesia. Berikut rincian data popularitas di 33 SubWilayah Indonesia yang berhasil diunduh tim Kitakini News dari Google trends pada hari Rabu (6/3/2019) Pukul 22.36 WIB.

Sentimen Popularitas Masing-masing Pasangan

Dalam menentukan sentimen popularitas masing-masing pasangan yakni Prabowo-Sandi maupun Jokowi-Amin, tim Kitakini News memantau ‘Query Terkait’ pada kolom “teratas”. Sebab, pada halaman ‘Memahami data Google Trends’ pihak Google menyatakan bahwa kolom ini menunjukkan istilah penelusuran yang paling sering dicari terkait istilah penelusuran yang dibandingkan.

Pihak Google juga menyatakan bahwa penilaian popularitas istilah penelusuran pada Query terkait tidak menggunakan persentase. Akan tetapi penilaian disajikan dalam skala 0 sampai 100, dimana nilai 0 menunjukkan istilah penelusuran yang paling tidak populer, Sedangkan nilai 100 menunjukkan istilah penelusuran yang paling populer.

Sentimen Popularitas Pasangan Prabowo-Sandi

Berdasarkan pantauan tim Kitakini News dari data Query terkait pada kolom teratas, tidak ada sentimen negatif pada istilah penelusuran “Prabowo Sandi”. Selama bulan Februari 2019, pihak Google merekam 20 istilah penelusuran teratas yang dicari netizen terkait istilah “Prabowo Sandi”. Popularitas Prabowo-Sandi di Google Trends menunjukkan sentimen positif.

Dari 20 istilah penelusuran teratas tersebut, penelusuran terhadap ‘Gambar Prabowo Sandi’ menempati posisi Top Query Terkait dengan nilai 100. Disusul dengan istilah penelusuran ‘Prabowo Sandi terbaru’ dengan nilai 62 dan ‘lagu prabowo sandi’ pada posisi ketiga dengan nilai 62.

Sekadar informasi, Trends hanya menganalisis data untuk istilah populer, sehingga istilah penelusuran dengan volume rendah muncul sebagai 0 untuk jangka waktu tertentu. Trends juga mengeliminasi penelusuran berulang dari pengguna yang sama dalam waktu singkat untuk akurasi keseluruhan yang lebih baik.

Berikut data yang berhasil di unduh tim Kitakini News dari kolom Query terkait pada kolom teratas.

Sentimen Popularitas Pasangan Jokowi-Amin

Berdasarkan pantauan Kitakini News, data Query Terkait teratas untuk istilah penelusuran “Jokowi Amin” tidak banyak. Selama bulan Februari 2019 Google hanya merekam Lima istilah penelusuran teratas terkait istilah “Jokowi Amin”.

Bahkan, dari Lima istilah penelusuran terkait tersebut, masih ditemukan istilah penelusuran ‘Prabowo Sandi’ yang berada diatas penelusuran ‘logo jokowi amin 01’.

Berikut rincian data Query Terkait teratas untuk istilah penelusuran “Jokowi Amin”.

Jumlah Pengguna Internet dan Google di Indonesia

Selain memantau popularitas kedua pasangan Capres dan Cawapres di google trends, tim Kitakini News juga memantau data tentang jumlah pengguna internet dan pengguna Google di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar jumlah sampel yang digunakan Google dalam menentukan tingkat popularitas suatu istilah penelusuran di Google Trends.

Hasil pantauan tim Kitakini News, pada bulan Januari 2019 Hootsuite merilis hasil surveinya tentang jumlah pengguna internet di dunia. Dalam rilis tersebut pihak Hootsuit juga mengumumkan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia adalah 150 Juta pengguna. Jumlah ini setara dengan 56% dari jumlah populasi Indonesia sebesar 268,2 Juta.

Rilis hasil survei Hootsuite tentang jumlah pengguna internet di Indonesia per-Januari 2019

Jumlah Pengguna Internet Usia Pemilih di Indonesia

Pada bulan Januari 2019 Hootsuite merilis hasil surveinya tentang jumlah pengguna internet di Indonesia. Dari 150 juta pengguna internet yang juga pengguna aktif media sosial (medsos) di Indonesia, 15 persen di antaranya merupakan pengguna berusia antara 13 hingga 17 tahun, atau sebanyak 22,5 juta orang. Jika dikurangi 15 persen, itu berarti, 127,5 juta pengguna internet berada pada usia memilih. Untuk diketahui, dalam 15 persen tersebut, ada juga sebagian yang masuk dalam usia pemilih (17 tahun).

Rilis hasil survei Hootsuite tentang Pembagian usia pengguna media sosial di Indonesia

Jumlah Pengguna Google di Indonesia

Berdasarkan traffic atau jumlah kunjungan rata-rata perbulan, Hootsuite mengumumkan 10 situs yang paling banyak dikunjungi pengguna internet di Indonesia. Urutan pertama ditempati oleh google.com dengan jumlah traffic rata-rata perbulan sebanyak 1.028.900.000.

Posisi kedua ditempati oleh situs google.co.id (Google Indonesia) dengan jumlah traffic rata-rata perbulan sebanyak 702.300.000. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh situs facebook.com dengan jumlah traffic rata-rata perbulan sebesar 605.200.000.

Hasil survei Hootsuite tentang situs paling banyak dikunjungi di Indonesia

Editor : Khairul Umam

Sumber : kitakini.news

(nahimunkar.org)

(Dibaca 1.009 kali, 1 untuk hari ini)