PPP dan 7 Fraksi Tolak RUU HIP Masuk Prolegnas 2021

  • Tujuh fraksi yang menolak RUU HIP masuk Prolegnas Prioritas 2021 adalah Golkar, Demokrat, PKB, PAN, PKS, NasDem, dan Gerindra. Sementara PDIP ingin RUU HIP tetap masuk.
  • ada dua RUU lainnya yang juga diperdebatkan. Dua RUU itu yakni RUU Ketahanan Keluarga dan RUU Bank Indonesia.

     


Ilustrasi rapat Baleg DPR (Foto: Rolando Fransiscus/detikcom)

Jakarta –

Penetapan usulan 38 Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 di Baleg DPR RI menuai perdebatan dan akhirnya ditunda. Hanya PDIP yang menerima RUU HIP masuk Prolegnas 2021, sementara 8 fraksinya menolak.

“Tadi ada 7 fraksi yang tidak menginginkan supaya itu masuk. 2 yang setuju,” kata Ketua Baleg DPR, Supratman Ando Agtas usai rapat Baleg, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020). PPP menyatakan menolak RUU HIP masuk Prolegnas 2021.

“Tapi kan kita tidak bicara institusi DPR semata, tapi juga bicara kelembagaan pemerintah dan DPD,” tambahnya.

Tujuh fraksi yang menolak RUU HIP masuk Prolegnas Prioritas 2021 adalah Golkar, Demokrat, PKB, PAN, PKS, NasDem, dan Gerindra. Sementara PDIP ingin RUU HIP tetap masuk.

“Yang jelas tadi itu fraksi PDIP dan PPP tidak secara langsung menyatakan menerima, tapi meminta dipertimbangkan lagi. Sementara yang lain meminta untuk dikeluarkan,” ujar Supratman. PPP menyatakan menolak RUU HIP masuk Prolegnas 2021.

Dalam rapat pengambilan keputusan Prolegnas Prioritas 2021 sempat diwarnai lobi antara pemerintah, fraksi, DPD, dan pimpinan Baleg. Disepakati pengambilan keputusan ditunda besok.

Selain RUU HIP yang menjadi perdebatan hangat dalam rapat, ada dua RUU lainnya yang juga diperdebatkan. Dua RUU itu yakni RUU Ketahanan Keluarga dan RUU Bank Indonesia.

“Malam ini kita tunda proses pengambilan keputusannya karena ada 3 RUU yang jadi perdebatan, yang pertama ada RUU tentang Ketahanan Keluarga, Bank Indonesia, dan Haluan Ideologi Pancasila. Pemerintah meminta waktu untuk melakukan konsolidasi terkait dengan ketiga RUU tadi,” imbuhnya.

Rolando Fransiscus Sihombing –

detikNews, Kamis, 26 Nov 2020 01:40 WIB

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 230 kali, 1 untuk hari ini)