Warga Zimbabwe berdansa di jalan Ibu Kota. (Foto: Reuters)


HARARE – Mundurnya Robert Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe disambut suka cita oleh masyarakat negara di bagian selatan Afrika tersebut. Masyarakat Zimbabwe turun ke jalan untuk merayakan lengsernya Mugabe.

Melansir Sputnik, Rabu (22/11/2017), warga di Ibu Kota Zimbabwe, Harare turun ke jalan, berdansa, sembari tertawa lepas saat mereka mendengar Mugabe telah meletakkan jabatan sebagai Presiden Zimbabwe.

Kegembiraan itu tidak hanya terlihat di jalanan Zimbabwe, namun ini juga terlihat di dalam Parleman negara itu. Seluruh anggota Parlemen Zimbabwe berdansa setelah Jacob Mudendahe membacakan bahwa Mugabe setuju untuk mundur.

Seperti diketahui, Mugabe akhirnya memutuskan untuk meletakkan jabatannya, setelah 37 tahun berkuasa. Pengunduran diri Mugabe datang di tengah meningkatkan tekanan, baik dari masyarakat, hingga Parlemen terhadap dirinya untuk mundur.

“Saya, Robert Gabriel Mugabe, mengingat Pasal 96 Konstitusi Zimbabwe, dengan ini secara formal saya mengajukan pengunduran diri,”  tutur Mudenda saat membacakan surat bersejarah salah satu presiden terlama di benua Afrika itu.

Pengunduran diri Mugabe disambut baik oleh sejumlah negara, salah satunya Inggris. “Pengunduran diri Robert Mugabe memberi Zimbabwe kesempatan untuk menempuh jalan baru yang bebas dari penindasan. Dalam beberapa hari ini kita telah melihat keinginan rakyat Zimbabwe untuk pemilihan yang bebas dan adil dan kesempatan untuk membangun kembali ekonomi negara di bawah pemerintahan yang sah,” kata Perdana Menteri Inggris Theresa May.*/news.okezone.com,  Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 22 November 2017, 13:31 WIB

***

Penduduk Zimbabwe mayoritas non Islam, tercatat jumlah penderita HIV/AIDS: 16,7%. Sedang jumlah penduduk Muslim hanya minoritas 1 %.. Di Afrika setiap negara yang penduduknya minoritas Muslim tercatat jumlah penderita HIV / AIDS cukup tinggi, sedang negeri-negeri yang penduduknya mayoritas Muslim rata-rata jumlah penderita  HIV / AIDS tidak banyak.

Sungguh benar dan nyata firman Allah Ta’ala ini:

{وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ } [الأنبياء: 107]

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam [Al Anbiya”107]

***

Yang Penduduknya Bukan Muslim Banyak Penderita HIV/AIDS di Afrika

Makin kecil populasi Muslim, justru terus membesar persentase penderita virus HIV/AIDS.

Benua hitam Afrika merupakan rumah bagi sebanyak 1,1 milyar manusia. Sekitar 40% dari seluruh warga Afrika adalah kaum Muslimin. Komposisi Muslim Afrika paling banyak menyebar di wilayah utara.

awasan Afrika paling parah tingkat penderita HIV/AIDS-nya adalah regional bagian selatan. Afrika Selatan misalnya, sebanyak 6,8 juta orang diperkirakan menderita HIV/AIDS, atau sekitar 18,9% populasi. Di Afsel, jumlah Muslim sangat minoritas, kurang dari 2% penduduk.

Bahkan di Swaziland, tingkat HIV/AIDS mencapai 27,7%. Sedangkan jumlah penganut Islam di Swaziland tidak sampai 0,2% saja.

Berikut perbandingan jumlah penduduk penderita HIV/AIDS berkorelasi dengan komposisi penduduk Muslim di Afrika pada beberapa negara:

  1. Mesir,              95% Muslim,       angka HIV/AIDS: <0,1%
  2. Senegal,          96% Muslim,       angka HIV/AIDS: 0,2%
  3. Mauritania,      99% Muslim,      angka HIV/AIDS: 0,7%
  4. Maroko,          99,9% Muslim,    angka HIV/AIDS: 0,1%
  5. Gambia,          95% Muslim,       angka HIV/AIDS: 1,8%
  6. Djibouti,          97% Muslim,       angka HIV/AIDS: 1,6%
  7. Mali,                92% Muslim,       angka HIV/AIDS: 1,4%
  8. Nigeria,           50% Muslim,       angka HIV/AIDS: 3,2%
  9. Chad,               55% Muslim,      angka HIV/AIDS: 2,5%
  10. Togo,                Muslim < 20%,  angka HIV/AIDS: 2,4%
  11. Afrika Selatan, Muslim < 2%,     angka HIV/AIDS: 18,9%
  12. Swaziland,        Muslim < 1%,    angka HIV/AIDS: 27,7%
  13. Zimbabwe,      Muslim < 1%,  angka HIV/AIDS: 16,7%
  14. Lesotho, Muslim < 0,1%,           angka HIV/AIDS: 23,4%

https://www.nahimunkar.org/angka-hivaids-afrika-berkorelasi-terhadap-besar-kecilnya-komposisi-penduduk-muslim/

{وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ } [الأنبياء: 107]

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam [Al Anbiya”107]

(nahimunkar.org)

(Dibaca 226 kali, 1 untuk hari ini)