PSBB Diperpanjang, Masjid di Jakarta Mulai Dibuka Jumat 5 Juni 2020


Sejumlah umat Islam melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (17/4). [ANTARA FOTO]

 

Bawa sajadah dan peralatan sholat dari rumah.

 

 Rumah ibadah di Jakarta sudah buka mulai, Jumat (5/6/2020) besok. Termasuk masjid-masjid.

Hanya saja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan catatan jika jamaah masjid harus bawa sajadah dan peralatan sholat dari rumah.

“Mulai besok ibadah sudah bisa. Jadi masjid, mushalla, gereja, vihara, pura, dan kelenteng. Semua sudah mulai bisa buka. Tapi hanya untuk kegiatan rutin. Besok dan harus prinsip protokol kesehatan,” kata Anies di Balai Kota, Kamis (4/6/2020).

Anies juga melarang tempat ibadah itu diisi penuh jamaah. Yang dibolehkan hanya 50 persen.

“Ini hanya ibadah rutin, di luar itu harus tutup. Nggak buka sepanjang waktu,” jelas dia.

Pebriansyah Ariefana | Fakhri Fuadi Muflih

Suara.com –Kamis, 04 Juni 2020 | 13:49 WIB

 

***

JK: Jokowi, Anies, dan DMI Sepakat Jumat Ini Masjid Dibuka di Jakarta

Tim detikcom – detikNews

Rabu, 03 Jun 2020 19:44 WIB

Ketum DMI Jusuf Kalla (JK) mengecek penyemprotan masjid menjelang persiapan masjid menghadapi new normal. (Foto: dok. DMI)

Jakarta – 

Ketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) berkonsultasi dengan Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kesiapan masjid di Ibu Kota menggelar Shalat Jumat. JK mengatakan Jokowi, Anies, dan DMI sepakat masjid untuk dibuka kembali.

“Yang paling aman dalam situasi ini justru di rumah ibadah. Berbeda dengan di mal atau di pasar mungkin Anda tidak bisa jaga jarak dengan betul. Tidak bisa cuci tangan setiap saat. Kemudian di masjid itu paling lama setengah jam Shalat Jumat, apalagi kita minta diperpendek. Itu kenapa bapak presiden dan gubernur (DKI Jakarta) dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid buka,” kata JK dalam video yang diterima, Rabu (3/6/2020).

Hal ini disampaikan JK seusai mengecek penyemprotan disinfektan dalam rangka persiapan prosedur ‘new normal’ di rumah ibadah. Dalam hal ini, JK bersama pengurus DMI mengecek Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta.


“Pertama, untuk melihat kesiapan kembali di Jakarta ini secara resmi ada juga tidak resmi melaksanakan Shalat Jumat. Insyaallah lusa. Ini setelah saya berkonsultasi dengan Bapak Presiden dan Bapak Gubernur DKI,” ujar JK.

Tim detikcom – detikNews

Rabu, 03 Jun 2020 19:44 WIB

(nahimunkar.org)

 

 

(Dibaca 77 kali, 1 untuk hari ini)