Inilah fakta yang perlu dicermati. Semoga jadi bahan untuk berhati-hati dalam menjaga aqidah Islam. Di bulan Ramadhan 1435 H/ Juli 2014 ini rupanya ada catatan yang penting menyangkut Quraish Shihab. Inilah di antaranya.

***

Ragukan dan di pertanyakan

Posted on Juli 16, 2014 by kandunk

Benarkah Quraish Shihab ulama? Berikut ini adalah fakta Quraish Shihab yang membuat ummat Islam meragukan dan mempertanyakan keislamannya.

Tulisan ini adalah akibat dari sikap Quraish Shihab yang nyeleneh dan membuat ummat Islam bingung, karena ia dikenal sebagai ulama, namun cara berpikirnya kok aneh, dan susah di mengerti. Padahal sejatinya seorang ulama itu bukan malah membuat ‘teror’ pikiran kepada ummat, namun sebaiknya memberikan pencerahan.

Tepatnya di bulan Ramadhan 1435 H, Ayah dari Najwa Shihab mengatakan: ‘Tidak Benar Bahwa Nabi Muhamad Sudah Dapat Jaminan Masuk Surga’. Akibat perkataannya itu, ia pun banyak mendapat kritik dan komentar dari ummat Islam Indonesia khsusunya. Bagi kamu yang belum melihat videonya, bisa lihat di bawah ini.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=R8bizbupaE4

Bagaimana komentar Anda?

Dalam tulisan ini, silontong coba merangkum fakta keislaman Quraish Shihab di ragukan dan di pertanyakan seperti judul di atas.

#1. Quraish Shihab pernah mengeluarkan pendapat bahwa Jilbab tidak wajib. Hal itu ditulis ia dalam bukunya yang berjudul: Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah: Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendekiawan Kontemporer di tahun 2006. (baca lengkap disini).

Apakah itulah sebabnya anaknya yang bernama Najwa Shihab sampai sekarang tidak mengenakan jilbab (atau menuutup aurat)? Ada sebuah tulisan menarik dari kompasiana yang berjudul: Mengapa Najwa Shihab tidak berjilbab? Dalam tulisan itu, alasan Najwa tidak berjilbab karena orang tuanya tidak menganjurkan, artinya Najwa boleh membuka auratnya. (Baca lengkap disini).

Dari pendapat Quraish Shihab yang tidak mewajibkan Jilbab, wajar jika banyak ummat Islam yang mengkhawatirkan keislamannya. Karena perintah Jilbab atau menutup aurat adalah perintah Allah Swt melalui Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw.

Banyak dalil agama yang mewajibkan wanita mengenakan Jilbab atau menutup aurat (baca lengkap disini).

#2. Quraish Shihab terbukti penganut Syiah melalui buku dan video yang beredar.

Ia pernah menulis buku yang berjudul: ‘Buku Putih Mazhab Syiah’ dengan alasan untuk meluruskan apa dan siapa syiah sebenarnya. Namun buku tersebut menuai banyak kritik dari para ulama Indonesia. Bahkan buku tersebut sebagai bukti bahwa Quraish Shihab adalah syiah. (ulasan bukunya bisa baca disini).

Lalu Quraish Shihab pernah ceramah di depan anggota syiah di Indonesia yang didokumentasikan di youtube. Video tersebut banyak sudah beredar dan tidak ada yang perlu dirahasikan. Bagi yang belum melihatnya, bisa lihat disini.

Bagaiamana komentar Anda?

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah menyatakan bahwa syiah mempunyai 10 kriteria aliran sesat (baca disini). Namun mengapa Quraish Shihab malah membela syiah? Bahkan ia pernah mengatakan bagi orang yang mempertentangkan Sunni – Syiah adalah orang yang lahir terlambat. Alamak.

Bagaimana dengan gambar di bawah ini?

#3. Penyataannya yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad Belum tentu masuk Syurga

Pernyataan beliau itu terjadi di salah satu statsiun tv swasta, bisa Anda lihat diatas. dari pernyataannya yang sesat itu, menimbulkan banyak kecaman dari dunia maya.

Selain itu banyak ulama yang mematahkan teori dari Quraish Shihab, seperti Ustadz Hartono Ahmad Jaiz yang menulis artikel di eramuslim dengan judul: ‘ Menyoal Lontaran Quraish Shihab, Nabi Muhammad SAW Tidak Dijamin Masuk Surga‘.

Ada juga ustadz Ust Anung Al-Hamat yang berkomentar: ‘Dalil yang Dipakai Quraish Shihab Hadits Shahih, Tapi…‘ seperti duktip dari situs kiblat.net.

Lain lagi kritik dari Direktur Forum Studi Sekte-sekte Islam, Ustadz Anung Al-Hamat, hadits tersebut bukan berarti Rasul SAW tidak masuk surga. Justru banyak dalil dari ayat dan hadits yang menegaskan bahwa Beliau SAW akan menjadi penghulu surga untuk orang-orang yang beriman.

“Jadi hadits tersebut tidak benar jika dipahami bahwa Rasul SAW tidak dijamin masuk surga, justru banyak dalil yang menjelaskan adanya jaminan Rasul SAW masuk surga,” ujar anggota Majelis Intelektual dan Ulama Muda (MIUMI) Jakarta kepada Kiblat.net pada Senin, (14/07) malam melalui Whatsapp Messenger.

Di antaranya adalah, pertama, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Aisyah radhiyallahu anha adalah salah satu istrinya di surga Kedua, Beliau SAW menyebutkan salah satu wanita penghulu surga adalah Khadijah radhiyallahu anha (istri pertama Beliau SAW). (baca lengkap disini).

Itulah beberapa fakta dari Prof. DR. Quraish Shihab, MA alumni Universitas Al-Azhar, Mesir-Kairo. Tapi cara berpikirnya seperti alumni dari kampus-kampus Amerika yang penuh dengan ‘teror’ kepada pikiran dan akidah ummat Islam. Wajar saja jika kita meragukan keseriusan Quraish Shihab dalam mengembangkan ajaran Islam. Nabi Muhammad Saw saja di gugatnya.

Karena banyak mendapat kritikan, akhirnya Quraish Shihab mengklarifikasi ucapannya di website pribadinya. Juga di muat oleh situs Republika. Namun tetap saja Quraish Shihab sudah banyak melukai hati ummat Islam./ http://silontong.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.812 kali, 1 untuk hari ini)