Raja Salman menolak undangan yang diselenggarakan Amerika.

Langkah Raja Arab Saudi Salman bin ‘Abdul ‘Aziz yang menolak undangan Presiden AS Barrack Obama untuk hadir dalam sebuah KTT yang digelar di Camp David, diikuti sebagian besar pemimpin negara-negara Teluk.

Obama telah mengundang enam pemimpin Teluk ke Camp David, sementara Washington melakukan negosiasi dengan kekuatan regional Teheran.

Inilah beritanya.

***

Raja Salman Tolak Undangan Amerika

 

AntiLiberalNews – Raja Salman menolak undangan yang diselenggarakan Amerika. Raja Saudi itu menolak untuk menghadiri pertemuan penting yang diselenggarakan oleh Presiden Amerika Barack Obama.

Pertemuan itu terkait  negosiasi nuklir antara AS dan Iran, kutip Gulf News (11/05).

Obama telah mengundang enam pemimpin Teluk ke Camp David, sementara Washington melakukan negosiasi dengan kekuatan regional Teheran.

Rencana Obama ini tampaknya tidak berjalan mulus. Sejauh ini hanya dua kepala negara yang mau hadir.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir berdalih Raja Salman absen dalam pertemuan itu dikarenakan membuka Pusat Bantuan Kemanusiaan.

Red : Maulana Mustof

***

Ikut Jejak Raja Saudi, Para Pemimpin Negara Teluk Tolak Undangan Amerika

Raja-Bahrain

Raja-Bahrain

King Hamad bin Isa Al Khalifa of Bahrain memilih untuk menonton pertandingan Kuda ketimbang menghadiri undangan Obama (AP Photo/Hassan Ammar)

AntiLiberalNews – Langkah Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz yang menolak undangan Presiden AS Barack Obama untuk hadir dalam sebuah KTT yang digelar di Camp David, diikuti sebagian besar pemimpin negara-negara Teluk.

Absennya para pemimpin negara-negara Teluk ini sudah pasti akan mengganggu pembicaraan yang ditujukan untuk memperkuat hubungan AS dengang sekutu-sekutunya di Semenanjung Arab.

Penolakan ini juga menunjukkan kekecewaan para pemimpin enam negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) dengan cara Washington menangani Iran dan harapan mereka terhadap hasil KTT itu.

Sebenarnya, Presiden Obama berencana untuk menggelar pertemuan empat mata dengan Raja Salman sehari sebelum pertemuan itu digelar. Meski sebagian besar pemimpin Teluk tidak hadir, Washington nampaknya belum memutuskan untuk membatalkan KTT tersebut.

Selain Arab Saudi, Raja Bahrain juga memastikan tidak akan menghadiri menghadiri KTT itu. Beliau malah memilih melihat pertunjukan Kuda.

Sultan Oman Qaboos bin Said juga memastikan tak akan hadir dalam KTT dan delegasi negeri itu akan dipimpin wakil perdana menteri Sayyid Fahd bin Mahmoud Al Said.

Sementara itu, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan juga tak akan hadir dengan alasan kesehatan. Delegasi UEA akan dipimpin putra mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Red : Maulana Mustofa

(Dibaca 7.307 kali, 1 untuk hari ini)