Rakyat Marah dan Anggap Sang Raja Pengkhianat, Louis XVI Dihukum Penggal

 

Pada 21 Januari 1793, Louis dihukum mati, ia berjalan ke guillotine dan dipancung, Sembilan bulan kemudian Marie Antoinett menyusul dihukum mati dengan guillotine pada 16 Oktober 1793. Mereka berdua didakwa dengan tuduhan sebagai pengkhianat.

 

 Pada 21 Januari 1793, setelah dinyatakan bersalah karena melakukan konspirasi dengan kekuatan asing. Raja Louis XVI dijatuhi hukuman mati oleh Konvensi Nasional Perancis. Hukuman mati tersebut dilakukan dengan cara dipancung dengan guillotine di Place de la Revolution (Lapangan Revolusi ) di Paris./
Harian Sejarah 

https://www.hariansejarah.id
Written By Teman Sejarah  Sunday, January 22, 2017  

***

‘Kutukan’ dan Eksekusi Penggal Raja Prancis Louis XVI

 


Raja Prancis Louis XVI (Wikipedia)

Pagi yang dingin dan basah, 21 Januari 1793 pukul 05.00, pria itu terjaga dari tidurnya. Empat jam kemudian, dengan kawalan 1.200 tentara, kereta kuda membawanya ke Place de la Revolution. Dia, Louis XVI adalah Raja Prancis dari Dinasti Bourbon, namun, saat itu rakyat yang marah melihatnya sebagai pengkhianat.

Louis XVI awalnya dicintai rakyat, namun ketidakcakapannya dalam memerintah membuat Prancis terpuruk — pengangguran merajalela, panen gagal, harga roti dan pangan selangit. Orang-orang pun berbalik membencinya.

Lalu sang raja yang tak lagi punya kuasa itu berjalan, di tengah muntahan caci maki, menaiki tangga menuju panggung yang sudah disiapkan. Lalu ia mengucapkan kalimat terakhirnya. Satu tangannya diangkat ke atas, isyarat meminta orang-orang yang menyemut untuk diam
.

Bunyi artileri yang ditembakkan ke udara setelah pemenggalan Louis XVI terdengar menggelegar, suaranya sampai ke telinga keluarga kerajaan yang berada dalam penjara. Hati mereka diliputi duka.

Sembilan bulan kemudian, pada 16 Oktober 1793, giliran sang ratu Marie Antoinette dihukum (mati) dengan cara serupa. /

Liputan6.com, Paris – Elin Yunita Kristanti 21 Jan 2015, 06:01 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 871 kali, 1 untuk hari ini)