Kabar tentang Dr Zakir Naik mau ke Indonesia telah ramai walau belum dipastikan tanggalnya.

Bahkan sudah ada pendeta dari Kupang yang konon meminta untuk berdebat. Kenyataan selama ini banyak gereja Eropa tidak berani berdebat dengan Dr Zakir Naik hingga Vatikan pun menolak. Namun pendeta asal Kupang NTT justru menantang Dr Zakir Naik untuk debat terbuka. Tetapi rencana kedatangannya tidak berkaitan dengan adanya yang ingin berdebat dengannya itu.

Ulama terkemuka tingkat dunia ini lahir di Mumbai, 18 Oktober 1965. Kabarnya ia telah menarik ribuan masyarakat Hindu di India menjadi muallaf (masuk Islam) lewat dakwahnya.

Inilah berita tentang rencana akan didatangkannya Dr Zakir Naik ke Indonesia.

***

Zakir Naik Bakal Jadi Pembicara di UMY Jogja

Zakir-naik0001

Zakir Naik. (Istimewa)

Sabtu, 27 Februari 2016 21:40 WIB | Jafar Sodiq/Evi Handayani/JIBI/Solopos.com |

Serba-serbi kampus kali ini menghadirkan agenda UMY mendatangkan ulama kondang, Zakir Naik.

Solopos.com, SOLO – Pembicara dan ilmuwan Islam ternama dunia, Dr. Zakir Naik, kabarnya bakal menyambangi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tokoh yang juga dikenal sebagai kristolog ini bakal menjadi pembicara di talk show Comparative Religion, April 2016.

Talk show ini merupakan rangkain acara dari milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke 35 bertemakan “Shining Beyond Borders” atau Bersinar Menembus Batas.

Dikutip laman www.umy.ac.id, talk show ini diselenggarakan di kampus UMY dan terbuka untuk masyarakat umum.

“Selain itu juga akan ada International Cultural Festival (ICF) pada 23 Maret, seminar Internasional “Towards World Class University: Internationalization, Entrepreneurship and Partnership” yang akan diisi oleh QS Singapore, DAAD dan AUAP pada 2 April dan pada bulan yang sama juga akan diadakan Talk Show bersama Dr. Zakir Naik yang akan dibuka untuk masyarakat umum,” tulis UMY dalam rilisnya.

Dalam dunia diskusi keagamaan, khususnya diskusi tentang ajaran Islam, nama ulama India Zakir Naik tidak asing lagi. Hal ini lantaran Naik, begitu sapaan akrabnya kerap tampil dalam acara diskusi keagamaan berhadapan dengan para teolog dan pemuka agama lain.

Profil Zakir Naik

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Rabu (8/7/2015), Naik dikenal membuat lawan diskusinya bungkam tentang ajaran agamanya, karena pemikirannya yang kritis. Ulama tersebut lahir di Mumbai, 18 Oktober 1965. Kabarnya ia telah menarik ribuan masyarakat Hindu di India menjadi mualaf lewat dakwahnya.

Sebagaimana pernah dilansir Nahimunkar*, selaku pendakwah muslim, Naik tidak hanya belajar Alquran tapi juga belajar kitab suci agama lain, seperti Weda, Tripitaka, dan Bhagavad gita.

Seorang psikolog Thomas Blom Hansen, menulis bahwa Naik turut mengabadikan Alquran dan hadis dalam pelbagai bahasa. Terpantau Solopos.com, ia memiliki saluran di situs Youtube untuk laman penyebaran diskusi-diskusinya di pelbagai negara.

Di kalangan jurnalis dan analis politik, Naik dikenal dengan gaya bicaranya yang lugas. Ketika menjabarkan tentang konsep Islam pun, Naik tidak berbelit-belit dan ulasannya tajam.

Tekat Naik sebagai pendakwah kabarnya dilatarbelakangi karena keinginannya menunjukkan kepada dunia tentang konsep Islam yang  kerap dipandang tidak sesuai dengan perkembangan dunia.

Zakir Naik adalah pendiri sekaligus Presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace Tv dari Mumbai, India/ solopos.com/2016/02/27

*Siapa Dr Zakir Naik Sebenarnya?

Posted on Mar 5th, 2015

by nahimunkar.com www.nahimunkar.com/siapa-dr-zakir-naik-sebenarnya

***

Inilah Pendeta yang Berani Tantang Zakir Naik Saat Nanti Ke Indonesia

Zakir-naik0002

By Anda SunaryaMarch 2, 2016

Kedatangan Dr.Zakir Naik ke Indonesia mengundang banyak respon dari banyak orang, walaupun kepastiannya akan datang ke Indonesia masih belum jelas namun sudah cukup membuat berita tersebut heboh.

Nama Esra Alfred Soru mendadak terkenal di media sosial. Pasalnya, di saat banyak gereja Eropa tidak berani berdebat dengan Dr Zakir Naik hingga Vatikan pun menolak, pendeta asal Kupang NTT itu justru menantang Dr Zakir Naik untuk debat terbuka.

Esra mengaku bahwa dia pernah berkirim surat kepada Dr Zakir Naik untuk menantang debat. Namun hingga kini, tantangan itu tidak dijawab.

Mendengar bahwa Dr Zakir Naik akan ke Indonesia pada bulan April, Esra mengatakan itu adalah kesempatan emas baginya untuk kembali menantang Dr Zakir Naik berdebat.

Esra menambahkan, pihaknya telah mengirim surat kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selaku instansi yang mengundang Dr Zakir Naik dalam rangka talk show milad ke-35 UMY. Ia berharap tantangan debat terbuka tersebut diterima, tidak sekedar menjadi penanya.

Sebab menurutnya, jika hanya bertanya saat sesi tanya jawab, Dr Zakir Naik pasti menang. Karena ia lebih punya banyak waktu untuk menjawab.

“Dia punya kesempatan membantah, saya tidak punya kesempatan membantah balik,” kata Esra.

Seperti diberitakan sebelumnya, UMY akan mengundang Dr Zakir Naik untuk talk show di Yogyakarta dalam rangkaian acara Milad ke-35 UMY. Talk show itu akan digelar pada April mendatang tanpa menyebutkan tanggal dan tempatnya.

Namun hingga saat ini belum ada kepastian apakah Dr Zakir Naik bisa datang karena menurut informasi, di mejanya saat ini ada sekitar 4.000 undangan dari berbagai negara.

Sumber : http://www.tarbiyah.net/2016/03/pendeta-esra-alfred-soru-tantang-dr.html

suratkabar.co/8175/

(nahimunkar.com)