Ramai Isu Reshuffle, Menteri Ini Layak Dicopot Jokowi

 


Daftar Menteri Jokowi Layak Diganti Versi Survei IPO, Nadiem, Edhy, Fachrul, Yasonna, kinerja mereka buruk / tribun-timur.com

 

Siapa Akan Dicopot?

 

Mengenai siapa menteri yang akan dicopot oleh Presiden Jokowi memang masih menjadi teka-teki. Satu hal yang pasti, Presiden Jokowi sedang melakukan penilaian dan evaluasi yang sangat ketat terhadap para pembantunya.

 

Walaupun reshuffle sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden, publik boleh saja menerka-nerka berdasarkan penilaiannya masing-masing. Terlepas dari masa kerja yang baru berjalan empat bulan, sebagian menteri memang layak untuk diganti.

 

 

 

Merujuk pada sepak-terjang para menteri dibandingkan dengan instruksi Presiden Jokowi, maka yang paling layak dicopot adalah Menteri Agama, Fachrul Razi. Data yang dikumpulkan dari berbagai sumber menunjukkan bahwa Menag Fachrul Razi adalah menteri yang paling sering menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

 

Hal ini sejalan dengan survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang digelar pada 10-31 Januari 2020 menggunakan Wellbeing Purposive Sampling (WPS) terhadap 1.600 responden, yang mana validitas data mencapai 94% sampai 97%.

 

Hasil survei menunjukkan, predikat kementerian dengan kinerja paling buruk dipegang oleh Kementerian Agama (27,5%). Diikuti oleh Kementerian Hukum & HAM (25%), Kementerian Sosial (23,6%), Kemenpora (23%) dan Kementerian Kelautan & Perikanan (21%).

 

Sedangkan Menteri yang layak dicopot yakni Menkumham Yasonna Laoly (36%), Menag Fachrul Razi (32%), Menkominfo Johnny G Plate (29%), Menteri KKP Edhy Prabowo (24%) dan Mendikbud Nadiem Makarim (22%).

 

threechannel.co/

(nahimunkar.org)


 

(Dibaca 468 kali, 1 untuk hari ini)