• Sudah resmi rilis, IDI menolak untuk menjadi dokter yang melakukan hukuman kebiri kimia seperti yang pemerintah rencanakan sebelumnya.

Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) menilai bahwa penolakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengeksekusi hukuman kebiri merupakan pukulan telak bagi pemerintah.

Sikap IDI tersebut dianggap sebagai pembuktian bahwa hukuman yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak tersebut tak didasarkan pada kajian dan analisa ilmiah yang mendalam oleh pemerintah.

Dokter Indonesia Menolak Hukuman Kebiri

Penolakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengeksekusi hukuman kebiri merupakan pukulan telak bagi pemerintah.

Alldo Fellix J @alldofj09/06/2016 20:33:25 WIB

Ikatan Dokter Indonesia desak @jokowi segera hapuskan kebiri. Melanggar kode etik & tak ada bukti ilmiah efek jera. pic.twitter.com/PsXlkICF92

pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia

Iman Brotoseno @imanbr10/06/2016 10:32:07 WIB

Jika dokter menolak jadi eksekutor kebiri, lalu siapa yang akan melakukan pengebirian ? twitter.com/dirgarambe/sta…

pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia

Dirga Sakti Rambe‏@dirgarambe

Sikap resmi PB IDI yg MENENTANG pelaksanaan sanksi kebiri. Dokter yg melakukannya dipersilakan BERHENTI menjd dokter

central eksklusif

detikcom @detikcom09/06/2016 13:28:55 WIB

IDI: Jangan Libatkan Dokter Sebagai Eksekutor Kebiri Kimia detik.id/695TdP pic.twitter.com/vtXnbwLUqT

dokter yg ga mau meng-kebiri

baca baca twit dokter yg ga mau meng-kebiri terdakwa krn akan melanggar sumpah idi.. suster aja udah yg nyuntik

Ini kenapa lagi IDI nolak kebiri, kalo anaknya jadi baru deh sadar kali. Alibi kesehatan mnutupi empati dan keadilan.

@alldofj @pandji @jokowi IDI punya muatan kepentingan tersendiri.

Sikap resmi PB IDI yg MENENTANG pelaksanaan sanksi kebiri. Dokter yg melakukannya dipersilakan BERHENTI menjd dokter pic.twitter.com/OolcDP5G3u

pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia

@dirgarambe kenapa menentang dok?

@hramad : ada penjelasannya di surat tsb

@detikcom lalu siapa lagi kalo bukan dokter? mau aku yang nyuntik?

@dirgarambe kalo kebiri fisik gimana dok?

@dirgarambe apa benar sanksinya sampai harus berhenti menjadi dokter? kok saya baca gak ada poin itu ya dok…

@hramad : yg disikapi Perppu-nya saja, dlm hal ini kimiawi. Tp kebiri apapun sm saja. Saya sdh kultwit kajian2nya

PB IDI siap berdiskusi dgn pemerintah & DPR utk membicarakan masalah pelaksanaan Perppu tsb, namun soal kebiri sdh merupakan sikap final.

ilustrasi pisang

Perspektif Medis Hukuman Kebiri untuk Pelaku Pemerkosaan |..

 Study,Biology 2462 view 54pt

nasional1

Ini Efek Hukuman #Kebiri Kimiawi Bagi Pelaku Kejahatan Sek..

 Social Problem,Law & Crime 785 view 13pt

Tadi sudah diselenggarakan konferensi pers m.detik.com/news/berita/32… @citraorwella

Ada yg menuduh sikap PB IDI yg menolak kebiri bermotif ekonomi krn IDI menganjurkan rehabilitasi. Rehabilitasi = ladang duit. Mbahmu….

Rehabilitasi korban dan pelaku pemerkosaan menjadi tanggung jawab pemerintah. Yg bayar pemerintah. Nggak ada urusan cari duit.

Meminta dokter utk mnjadi eksekutor hukuman kebiri sama sj dgn secara sadar & sengaja meminta kami melanggar sumpah pic.twitter.com/NTIPUmi2zo

lafal

Saya sangat memahami kalau banyak orang yg tidak sependapat dgn sikap PB IDI. Oleh krn itu perlu mendengar penjelasan dari kami.

Praktik kedokteran di Indonesia mengacu kepada 4 kaidah dasar moral: 1. Beneficence 2. Non-maleficence 3. Justice 4. Autonomy

Keempat hal tsb (kaidah dasar moral) merupakan prinsip yg kami pegang teguh & menjadi penuntun dalam melakukan praktik sehari-hari.

  1. #Beneficence Berbuat baik. Mengutamakan altruisme. Menghormati martabat pasien sebagai manusia.
  1. #Non-Maleficence Yg berarti “first, do no harm (primum non nocere)”. Tidak melakukan perbuatan yg menyakiti pasien.
  1. #Justice Memperlakukan semua pasien tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.
  1. #Autonomy Menghormati pasien sbg individu yg berhak mengambil keputusan utk menentukan nasibnya sendiri.

Itulah latar belakang sehingga timbul penolakan oleh PB IDI. Semua ada dasarnya. Mana ada profesi yg mau disuruh melanggar sumpahnya?

Demikian sbg pengantar, selanjutnya silakan dibaca rilis resmi PB IDI & mencermati poin-poinnya.

Sikap IDI ttg kebiri brdasarkn sidang MKEK (Majelis Kehormatan Etik Kedokteran) yg branggotakn para ahli medikolegal twitter.com/lycalya/status…

yanto

Bukan tugas dokter utk menyakiti seseorang. Jelas sangat bertentangan dgn sumpah kami. Silakan cari algojonya. twitter.com/ezkisuyanto/st…

09/06/2016 22:14:09 WIB

Penjara seumur hidup hingga hukuman mati. Pendapat pribadi. twitter.com/MonikaKwee/sta…

Kepengurusan PB IDI yg baru akan lebih proaktif & responsif dlm menyikapi isu-isu kesehatan yg menyangkut masyarakat luas.

@mbakanggun – Iya betul. Kebiri kimia sbg hukuman melanggar kode etik dokter.

@detikcom serahkan aja ke para tukang cukur, di thn 1800an bedahpun dilakukan olh tukang cukur koq!!

@detikcom kalau bukan dokter siapa yg melakukan kebiri seusai ada putusan hakim? Apa iya harus tukang las atau tukang batu?

IDI dan Seksolog tak setuju KEBIRI.Punya jalan keluarnya?kalau anak” anda y jadi korbannya bagaimana dok?Bagaimana kalo dilempar sampai mati

IDI berani bersikap. Tegas, jelas. Sayang PDSKJI (dokter jiwa) tak begitu dlm kasus LGBT twitter.com/alldofj/status…

pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia

Alldo Fellix J‏@alldofj

Ikatan Dokter Indonesia desak @jokowi segera hapuskan kebiri. Melanggar kode etik & tak ada bukti ilmiah efek jera.

Kiriman Abimantrono Anwar

(nahimunkar.com)

(Dibaca 520 kali, 1 untuk hari ini)