Simak berita-berita ini.

***

Respon UAS Ditolak Masuk Singapura Gara-gara Jin Kafir


Foto/videocom

Ustaz Abdul Somad atau UAS mengaku telah membaca penjelasan resmi Kementerian Dalam Negeri Singapura di balik alasan mereka menolak kedatangan UAS bersama keluarganya ke Singapura pada Senin, 16 Mei 2022. 

Hal itu disampaikan kolega UAS, Ustaz Fahmi Salim dalam perbincangan di ‘Apa Kabar Pagi Indonesia’ tvOne, Rabu, 18 Mei 2022. Fahmi mengatakan pagi ini dia telah menghubungi UAS via chatting dan sudah membaca penjelasan otoritas Singapura terkait alasan pencekalan. 

“Tadi pagi ketika saya sampaikan saya akan ke tvOne, UAS kirim chat ke saya tentang 3 alasan itu (ditolak ke Singapura). Menurut dia agak absurd. Dia (red-UAS) tidak menolak atau menyangkal tiga alasan itu, tapi ini kan subjektif penilaian orang,” kata Fahmi Salim

Menurut Fahmi, isi ceramah UAS bisa dipahami atau dilihat dari berbagai perspektif, apalagi dari mereka yang berada di luar Islam. Ia tak menampik ceramah UAS soal ‘Jin Kafir’ pada simbol agama tertentu sempat viral dan kontroversial karena dianggap menghina keyakinan agama lain.

“Dulu kan viral tanya-jawab, ada pertanyaan jamaah, ada patung simbol agama tertentu ada jin kafirnya, itu (UAS) sudah datang ke MUI sudah beri klarifikasi dalam kerangka menjelaskan kepada umat Islam bukan dalam rangka menjelekkan agama lain,” ujarnya

Fahmi menjelaskan sebutan ‘kafir’ bagi orang di luar Islam banyak disebutkan dalam Alquran. Dalam QS Al Bayyinah misalnya, disebutkan bahwa ‘kafir’ ada dua jenis. Musyrik (orang yang mensekutukan Allah) dan Ahli kitab (Yahudi dan Nasrani). 

Oleh :     Dedy Priatmojo

VIVA – Rabu, 18 Mei 2022 – 12:08 WIB

***

UAS pernah ditolak GP Ansor di Jepara Jawa Tengah

Silakan simak ini.

***

 

GP Ansor Tolak Ustadz Abdul Somad Ceramah di Jepara

JEPARA – Rencana kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) di Pondok Pesantren Alhusna Mayong, Jepara, Jawa Tengah, menuai kontroversi. Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama menilai kedatangan pendakwah yang tenar melalui Youtube tersebut rawan ditunggangi oleh kelompok organisasi yang telah dibubarkan oleh pemerintah.

“Berkaitan dengan rencana kedatangan UAS di Pondok Pesantren Alhusna Mayong Kabupaten Jepara pada 1 September 2018, kami menilai bahwa UAS hanya dijadikan domplengan belaka oleh ormas yang telah dibubarkan pemerintah,” kata Ketua PC GP Ansor Kabupaten Jepara, Syamsyul Anwar, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/8/2018)./

Taufik Budi, Sindo TV · Kamis 30 Agustus 2018 12:59 WIB/ https://news.okezone.com/

***

Empat bulan kemudian, Syamsul Anwar (yang menolak UAS) itu mencuat di media dengan berita heboh.

Silakan simak ini.

***

 

Ketua GP Ansor NU Jepara Tertangkap Basah di Hotel Bawa Istri Orang, Dilaporkan ke Polisi

Posted on 5 Desember 2018

by Nahimunkar.org

Ilustrasi /foto instapicto.top. Samsul Anwar dan ES tertangkap basah/ist

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Samsul Anwar ketua GP Ansor NU Jepara Jawa Tengah dan ES (istri seorang pengacara) dilaporkan ke Polrestabes Semarang. Sebab, diduga telah melakukan perbuatan perzinaan.

(nahimunkar.org)