Rezim Memojokkan Madrasah Islam, padahal Wapresnya Keluaran Pesantren Islam

 

Silakaj simak ini

 

***

 

Ketua LTMPT: Lulusan Madrasah tidak bisa masuk SNMPN*

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Widyobroto mengatakan, yang diizinkan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) hanya Program Studi (Prodi) umum, untuk yang lulus dari lulusan keagamaan atau Madrasah tidak bisa masuk.

 

Artinya yang lulusan jurusan keagamaan tidak diizinkan, kita mohon maaf dan termasuk adik-adik yang berkaitan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jika memilih program studi harus dilihat betul,” ujar Budi dalam kegiatan Sosialisasi SNMPTN dan SNMPN Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 seperti ditayangkan melalui Youtube Dirjen Jenderal Pendidikan Vokasi, dilansir Harianhaluan.com, Sabtu (16/1/2021)

Budi menambahkan, termasuk juga persyaratannya itu diizinkan atau tidak. Jika dilihat program studi dari PTKIN disediakan dan ditawarkan baik untuk dipilih di SNMPN tidak ada program studi keagamaan.”Beberapa teman-teman di PTKIN juga sering bertanya hal ini. Beberapa perguruan tinggi juga punya program studi keagamaan. Misalkan Bahasa Arab, Ekonomi Syariah. Kalau yang ada di perguruan tinggi, seperti di Uner ada prodi Ekonomi Syariah, UGM ada Bahasa Arab. Itu diizinkan adik-adik lulusan MA,” katanya

 

Menanggapi pertanyaan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto menyarankan kepada siswa lulusan Madrasah untuk mengunjungi website perguruan tinggi masing-masing yang sesuai dengan lulusannya. “Yang menentukan adalah perguruan tinggi masing-masing berdasarkan data yang diunggah. Dimasing-masing laman web perguruan tinggi ini juga dibuat aturan, dan standarnya,” ujar Wikan.

 

Untuk MAN ataupun MA, Wikan menambahkan, cukup banyak program studi yang disediakan. Maka silahkan kunjungi halaman web masing-masing perguruan tinggi karena sudah disediakan berbagai macam pilihan program studinya. (*)

 

https://www.harianhaluan.com

 

***

 

 

Tanggapan dari Mantan Alumni MAN/Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Bekasi Jawa Barat Serta Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan (*Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.MPd, M.Pd, I*) : Dulu Saya saja masuk SBMPTN ketika tahun 2003an dari MAN 01 Kota Bekasi lewat jalur SBMPTN Alhamdulillah hingga lulus 2007 dari Kampus Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten (Lulusan UMUM bukan Keagamaan S1 FKIP dan Prodi PLS). bisa masuk jalur SBMPTN (Jalur Umum bukan Keagamaan).

Kenapa saat ini yang Lulusan Madrasah tidak diperbolehkan ikut SBMPTN saat ini SNMPN (Jalur Umum bukan Keagamaan)….?! , Aneh sekali ya kalau tidak diperbolehkan ikut kalau mau mendingan tidak usah ada Jalur SNMPN saja gitu saja kok repot pake larang Lulusan MAN atau MA ikuti SNMPN (Jalur Umum bukan Keagamaan)?!

/ berit kiriman faisal

(nahimunkar.org)

(Dibaca 504 kali, 1 untuk hari ini)