MEDAN– Aliansi Ormas Islam Pembela Masjid Sumatera Utara mendemo manajemen Hotel Emerald Garden, menuntut dibangunnya masjid yang telah dirobohkan oleh pengembang hotel.

Demo dilakukan oleh tiga ratuan massa di depan kantor PT Jati Masindo Hotel Emerald Garden, Jalan Putri Hijau Medan, usai shalat Jumat (3/2/2012).

Aksi itu dilakukan karena perusahaan pengembang dituding telah menghancurkan masjid. Dalam pernyataan sikapnya, massa meminta PT Jati Masindo segera membangun kembali masjid.

Dalam orasinya, massa mendesak manajemen hotel membangun kembali masjid yang dirobohkan untuk pengembangan hotel pada tahun 2004. Massa juga meminta kepada PT Jati Masindo, pengembang hotel, tidak mengusik Umat Islam karena bisa memancing kerusuhan.

Ketua Presidium Aliansi Ormas Islam Sumut Pembela Masjid, Leo Imsar Adnans, mendesak manajemen Hotel Emerald Garden agar secepatnya membangun kembali Masjid Raudhatul Islam yang berada di belakang hotel.

“Tindakan penghancuran masjid-masjid di Kota Medan merupakan indikasi tidak adanya saling hormat-menghormati antarsesama pemeluk agama di daerah ini,” kecam Imsar dalam pernyataannya.

…Jangan sampai tindakan mengusik SARA dengan menghancurkan masjid-masjid akan menjadi konflik SARA di Medan…

Jangan sampai, ujar Imsar, tindakan mengusik SARA yang dilakukan pengembang dengan menghancurkan masjid-masjid akan menjadi konflik SARA yang berkepanjangan di kota tersebut.

Masa juga mengecam pengawalan ratusan personil polisi dan mobil watercanon yang dinilai berlebihan. “Kami di sini mau menuntut, pertanggungjawaban pihak PT Jasimasindo yang telah melakukan penghancuran masjid, jangan kami dibenturkan dengan polisi,” teriak para demonstran.

Meski aksi berjalan tertib itu, namun demo yang dijaga seratusan polisi dari Polresta Medan itu membuat suasana hotel mencekam. Setelah melakukan orasi, massa menggelar shalat ashar berjamaah di depan Hotel.

Kasus perobohan masjid oleh pengembang hotel Emeral Garden ini menambah banyaknya masjid yang dirobohkan di Kota Medan. Sebelumnya sudah ada beberapa masjid yang dirobohkan, antara lain: Masjid At Thoyibah di Jalan Multatuli, Masjid  Sudirman di Padangbulan, Masjid Al Khairiyah, Masjid Raudhatul Islam, Masjid Al Ikhlas Jalan Timor Medan. Satu lagi Masjid Nurul Hidayah Jalan Williem Iskandar yang terancamakan dihancurkan. [taz/dbs] (voa-islam.com) Sabtu, 04 Feb 2012

(nahimunkar.com)

(Dibaca 974 kali, 1 untuk hari ini)