BAGHDAD– Bom mobil menargetkan penganut Syi’ah di ibukota Irak sehari sebelum peringatan Asyura, menewaskan sedikitnya 28 orang, ujar sumber keamanan dan pejabat medis.
Ledakan pertama pada Ahad (2/11/2014) menghantam dekat sebuah tenda Syi’ah yang membagikan teh dan air di lingkungan Saidiyah di barat daya Baghdad, 20 orang dilaporkan tewas dan terluka dalam serangan ini. Bom mobil lainnya kemudian
meledak di dekat tenda lain yang digunakan oleh penganut Syi’ah untuk mempersiapkan perayaan Asyura di pusat kota Baghdad, Sadoun, menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai 13 lainnya, ujar polisi rezim Irak kepada Al Jazeera.
Dan di malam hari, 13 orang tewas saat sebuah bom mobil yang di parkir meledak di Sadr City, timur Baghdad. Serangan itu juga menargetkan tenda Syi’ah yang melukai 34 orang, lanjut laporan Al Jazeera.
Ratusan ribu penganut Syi’ah berduyun-duyun ke kota Karbala untuk memperingati hari Asyura setiap tahunnya.
Mereka telah menjadi target dalam perayaan Asyura sebelumnya, namun di tahun ini, serangan terhadap mereka lebih mematikan dari tahun-tahun sebelumnya. (haninmazaya/arrahmah.com) Hanin Mazaya Senin, 10 Muharram 1436 H / 3 November 2014 06:21

(nahimunkar.com)

(Dibaca 416 kali, 1 untuk hari ini)