Assad Cari Suaka Politik di Amerika Latin?

الأسد وعائلته يطلبان اللجوء لأمريكا اللاتينية

Bagi Sekjen PBB, Assad yang pemimpin Suriah itu telah banyak melakukan pelanggaran HAM berat dan tidak dapat diampuni begitu saja. Maka pemberian suaka politik terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad, merupakan tindakan yang tidak tepat.

Konflik di Suriah yang berlangsung sejak Maret 2011, menelan banyak korban. Lebih dari 30.000 orang tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Ilustrasi: arrahmah.com

Inilah beritanya.

***

PBB: Assad Melanggar HAM Berat

Kamis, 6 Desember 2012

DOHA (Suara Karya): Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menyatakan pemberian suaka politik terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad, merupakan tindakan yang tidak tepat. Bagi Ban pemimpin Suriah tersebut telah banyak melakukan pelanggaran HAM berat dan tidak dapat diampuni begitu saja.

“Siapa saja yang telah melakukan pelanggaran HAM berat harus diadili untuk membayar kesalahannya tersebut,” ujar Ban, Rabu (5/12).Ban menyatakan organisasi yang dipimpinnya itu tidak mengenal konsep pengampunan untuk pelanggaran HAM. Menurutnya tindakan pengampunan seperti itu bertentangan dengan prinsip PBB yang menjunjung tinggi penegakan HAM.

Sebelumnya Turki dan Rusia bersepakat untuk membujuk Presiden Assad agar mau mundur dari jabatannya dan pergi melarikan diri dari negaranya itu. Saat ini kelompok oposisi yang berjuang untuk menjatuhkan Assad sedikit demi sedikit mulai memenangkan pertempuran melawan pasukan pemerintah.

Walaupun begitu, dalam suatu wawancara dengan media Rusia, Assad menolak melarikan diri dari negaranya itu untuk tinggal secara aman di pengasingan. Assad mengatakan dirinya akan terus berada di Suriah walaupun kelompok oposisi mengincar nyawanya.

Konflik di Suriah yang berlangsung sejak Maret 2011, menelan banyak korban. Lebih dari 30.000 orang tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Seorang pengamat di Rusia mengungkapkan bahwa Rusia sempat mengirimkan utusan untuk menemui Assad. Dalam pertemuan tersebut dilaporkan bahwa kondisi mental Assad telah mengalami penurunan.

“Assad merasa apa pun yang akan ia lakukan, nantinya dia akan terbunuh juga,” ujar seorang jurnalis Rusia Fyodor Lukyanov.

Lukyanov menyatakan, jika Assad memutuskan untuk mundur maka ia akan dibunuh oleh pendukungnya sendiri. Sedangkan apabila Assad terus bertahan, cepat atau lambat ia akan terbunuh di tangan kelompok pemberontak.

“Saat ini Assad telah benar-benar kehilangan harapan, bukan hanya untuk dapat memenangkan pertempuran namun juga untuk dapat menyelamatkan diri dari konflik,” tambah Lukyanov.

Lukyanov memperkirakan konflik di Suriah tidak akan berhenti begitu saja dengan turunnya Assad. Menurutnya kelompok Alawiyah yang merupakan pendukung pemerintah kemungkinan besar akan menjadi kelompok iplomat yang akan mengganggu berjalannya masa transisi di Suriah. Kelompok Alawiyah merupakan kelompok etnis asal Presiden Bashar al-Assad.

Pada kesempatan lain Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan iplom tersebut akan menarik warganya dari wilayah Rusia. Diperkirakan terdapat 10.000 warga Rusia yang tinggal di iplom Arab itu, hubungan baik Rusia dengan Suriah merupakan hasil dari kerja sama yang seringkali mereka lakukan pada masa Perang Dingin. (AP/Adi) suarakarya-online

***

Assad Cari Suaka Politik di Amerika Latin?

الأسد وعائلته يطلبان اللجوء لأمريكا اللاتينية

SURIAH, muslimdaily.net, – Presiden Suriah, Bashar al-Assad, sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk mencari suaka politik untuk dirinya sendiri, keluarganya dan lingkaran dekatnya di Amerika Latin jika ia harus menyerahkan kekuasaan, sebuah harian Israel melaporkan pada hari Rabu.

“Wakil Menteri Luar Negeri Suriah mengadakan pertemuan di Kuba, Venezuela dan Ekuador selama seminggu terakhir, dan membawa surat pribadi yang disebutkan dari Assad kepada para pemimpin setempat,” lapor surat kabar Israel, Haaretz, sebagaimana dilansir alarabiya.net.

Beberapa iplom Barat dan Arab telah menawarkan beberapa waktu sebelumnya kepada Assad untuk mencari suaka dan perlindungan bagi keluarganya jika dia meninggalkan kekuasaan.

Tapi jendela kesempatan tampaknya tertutup untuknya. Pada hari Rabu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengisyaratkan bahwa ia tidak akan mendukung kesepakatan suaka bagi Assad sebagai cara untuk mengakhiri perang saudara di iplom itu.

Ban ditanya Rabu mengenai potensi seperti kesepakatan. Dia menahan diri untuk berkomentar langsung tentang masalah ini, tetapi mengatakan kepada The Associated Press bahwa PBB tidak memberikan kepada siapapun mengenai kekebalan iplomatic. Demikian ungkap Ban di sela-sela pembicaraan iklim di Qatar.

Assad bersumpah dalam sebuah wawancara dengan Russia Today bulan lalu bahwa ia tidak akan bisa dipaksa untuk mencari suaka dan ia akan  hidup dan mati di Suriah. [rah] http://muslimdaily.net Diposting Kamis, 06-12-2012 | 08:41:06 WIB

***

الأسد وعائلته يطلبان اللجوء لأمريكا اللاتينية

نشر بتاريخ الأربعاء, 05 كانون1/ديسمبر 2012 10:02

القدس المحتلة – كشفت صحيفة «هآرتس» الإسرائيلية النقاب عن طلب الرئيس السوري بشار الأسد وعائلته ورفاقه اللجوء السياسي إلى أمريكا اللاتينية.

وقالت الصحيفة، في تقرير لها اليوم الأربعاء، أن الأسد طلب اللجوء إلى أمريكا اللاتينية في حالة اضطراره للفرار من الحكم عقب سقوط قواته النظامية أمام قوات الجيش السوري الحر.

واضافت «هآرتس» «أن فيصل المقداد نائب وزير الخارجية السوري قام بجولة في دول أمريكا اللاتينية كوبا وفنزويلا والاكوادور خلال الاسبوع الماضي، وأحضر معه رسائل شخصية من الأسد إلى القادة المحليين».

وبعث الرئيس بشار الأسد، اليوم الأربعاء، برسالة إلى الرئيس الفنزويلي هوجو تشافيز نقلها نائب وزير الخارجية فيصل المقداد.

وفي سياق متصل ذكرت وكالة الأنباء الرسمية «سانا» أن «المقداد نقل رسالة من الرئيس الأسد لتشافيز، تسلمها نائب الرئيس الفنزويلي نيكولاس مادورو موروس».

من جهته، قال مادورو موروس إن «تشافيز يبعث إلى الرئيس الأسد بتحياته وأمنياته له في التغلب على الحملة الإرهابية التي تتعرض لها سورية، وتتناقض مع تطلعات الشعب السوري في تعميق منجزاته السياسية والاقتصادية».

وتشهد مدن سورية منذ نحو 21 شهرا مظاهرات ضد النظام السوري تطورت إلى مواجهات عسكرية حادة بين الجيش النظامي والجيش السوري الحر, وشهدت هذه الفترة سقوط آلاف الضحايا, ونزوح مئات الآلاف داخل وخارج سوريا.

وكان تشافيز جدد، الشهر الماضي، بعد إعادة انتخابه رئيسا لفنزويلا، دعمه للسلطات في سوريا، معتبرا أن «حكومة الرئيس بشار الأسد هي الحكومة الشرعية”، واصفاً المعارضة السورية بأنها عبارة عن عناصر «إرهابية». 

الموضوع الأصليصحيفة «هآرتس» الإسرائيلية:الأسد وعائلته يطلبان اللجوء لأمريكا اللاتينية. || الكاتبمحب التوحيد || المصدرمنتدى الجيش السوري الحر

www.syrianarmyfree.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 222 kali, 1 untuk hari ini)