Senantiasa Ibadahlah Hanya untuk Allah Ta’ala Sampai Ajal Datang

وَٱعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ ٱلْيَقِينُ

Terjemah Arti: Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal). (Quran Surat Al-Hijr Ayat 99)

***

99. “dan sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu al yaqin” yaitu sampai ajal tiba. maksudnya, kontinyulah engkau untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan segala macam ibadah disetiap waktu. maka beliau menaati perintah Rabbnya dan senantiasa membiasakan beribadah sampai datang al yaqin (ajal) dari Rabbnya. Semoga salam selalu tercurahkan kepada beliau dengan melimpah.

( Tafsir as-Sa’di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar tafsir abad 14 H)

***


Makna kata: (حَتَّىٰ يَأۡتِيَكَ ٱلۡيَقِينُ) hatta ya’tiyakal yaqiin : “hingga al-yaqiin datang kepadamu.” Yaitu kematian, beribadahlah kepada Rabbmu hingga engkau wafat.

Makna ayat:

firman-Nya : “dan sembahlah Rabbmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu.” Lanjutkanlah ibadah dan ketaatan, yaitu merendahkan diri dan tunduk kepada Allah ta’ala hingga datangnya al-yaqin yaitu kematian, karena kubur adalah fase pertama dari alam akhirat, dengan wafatnya seseorang dan memasuki alam akhirat, maka imannya akan menjadi iman yang sebenarnya.

( Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi)

***

Dan bersama dengan itu sembahlah tuhanmu yang telah menciptakan dan menghidupkanmu, dan serahkanlah dirimu sepenuhnya kepadanya sampai yakin, yaitu ajal, datang kepadamu. Dengan melakukan hal itu maka beban perasaan yang kaupikul akibat ucapan, sikap, dan tingkah laku kaum kafir akan terasa ringan dan jiwamu pun akan merasa tenteram. Allah menegaskan bahwa ketetapan Allah, yaitu hari kiamat dan masa ketika para pendurhaka akan menerima azab, pasti datang, maka janganlah kamu, wahai para pendurhaka, meminta agar dipercepat kedatangan-Nya. Mahasuci Allah dari segala aib, kesyirikan, dan kekurangan, dan mahatinggi dia dari apa yang mereka sembah, berupa berhala atau apa pun juga yang mereka persekutukan dengan dia.

(Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI)

tafsirweb.com/4249-quran-surat-al-hijr-ayat-99.html

Ilustrasi foto/ bimbinganIslam

(nahimunkar.org)


 

(Dibaca 14 kali, 14 untuk hari ini)