JAKARTA (voa-islam.com) – “Muslim Pasiennya, Kristiani Dokternya.” Demikian berita headline situs resmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Hari ini, Kamis (13/9/2012) Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jakarta menurunkan 30 tim medis yang tergabung dalam Yayasan Griya Kesehatan Indonesia, untuk menggelar pengobatan gratis kepada warga Nahdiyin di sekitar pesantren Kempek , Cirebon, Jawa Barat.

Meski pengobatan itu ditangani tenaga medis Kristen, ratusan warga Nahdiyin berduyun-duyun mendatangi posko kesehatan Yayasan Kristen tersebut.

…NU pasienya, Kristen dokternya…

“Kesehatan itu tak punya agama,” tegas Jusak I Indrawan, Ketua Tim Medis dari Geraja Kristen Indonesia Jakarta. “Yang bisa kami tangani adalah penyakit ringan seperti ISPA, kulit, dan maag. Tapi ada juga pasien dengan penyakit lain, seperti mata. Ya, kami layani,” ujarnya.

Diakui Jusak, pengobatan massal yang digelar tim medis gereja kepada warga Nahdiyin tersebut merupakan permintaan panitia Munas dan Konbes NU kepaa pihak gereja.

“Kami diminta panitia untuk mengadakan pengobatan gratis. Karena itu tugas kami, kami bersedia. Kami ingin berbagi dengan sesama anak bangsa. Bersama NU, kami sering kali melakukan kegiatan serupa,” jelasnya.

…Kami diminta panitia untuk mengadakan pengobatan gratis. Mulai besok, kami akan memberikan penanganan lebih untuk peserta Munas-konbes,” ujar Jusak…

Selain itu, dalam acara inti Munas dan Konbes NU akan berlangsung di pesantren Kempek 14-17 September, tim medis gereja Kristen juga akan siap siaga menangani peserta Munas dan Konbes.

“Mulai besok, kami akan memberikan penanganan lebih untuk peserta Munas-konbes. Kami menyiapkan mobil klinik. Mobil ini berfungsi semacam Unit Gawat Darurat yang bisa menangani sementara untuk penyakit berat seperti jantung,” ujarnya. [Gus Di/nuo]

http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2012/09/13/20628/ssst-tim-medis-gereja-kristen-akan-obati-kiyai-dan-pesert

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.251 kali, 1 untuk hari ini)