“Berkat pertolongan Allah SWT, pesantren kami (walau di bibir sungai) tidak tersentuh bencana banjir bandang sungai Cimanuk,”ujar KH. Abdul Qadar Rusman (54) pendiri sekaligus pemimpin Pondok Pesantren.

pemukiman-dan-benda-milik-warga-tarogong-kidul

 Sejumlah pemukiman dan benda milik warga Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, masih porak poranda pasca diterjang banjir bandang/ foto : aryanto nugroho-tbldnov

Banjir bandang di Garut yang terjadi pada Rabu (21/9/2016) dini hari terlihat mengerikan dan dahsyat. 23 orang meninggal dan 1000-an orang dikabarkan kehilangan tempat tinggal, kini mereka di pengungsian. Namun qadarullah, pesantren salafi di bibir sungai Cimanuk ini diselamatkan oleh Allah Ta’ala.

Inilah beritanya.

***

Ponpes Al-Qodar Garut Tetap Kokoh dan Tak Tersentuh Banjir Bandang

GARUT—Di antara bangunan dan infrastuktur yang porak poranda akibat banjir bandang Kabupaten Garut, ada satu bangunan yang kendati berletak di bibir sungai Cimanuk, namun sama sekali tak tersentuh banjir bandang tersebut.

Bangunan itu Pondok Pesantren Salafi Al-Qodar. Berlokasi di bibir sungai Cimanuk ( 10 meter-Red) tepatnya di Kampung Lebak Siuh, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota teu regrog-regrog.

Pesantren ini tetap kokoh berdiri, padahal di sekitar Ponpes tersebut porak poranda, bahkan jembatan yang menghubungkan ke Ponpes pun ambruk tergerus derasnya air.

“Berkat pertolongan Allah SWT, pesantren kami tidak tersentuh bencana banjir bandang sungai Cimanuk,”ujar pendiri sekaligus pemimpin Pondok Pesantren Al-Qodar KH. Abdul Qadar Rusman (54) dilansir Poros Garut, Rabu (21/9/2016).

Abdul Qodar mengimbau musibah yang menimpa Kabupaten Garut harus disikapi dengan arif.

“Allah sedang menegur kita, dan pasti ada hikmahnya.” imbuh Abdul Qodar.

“Agar kita peduli terhadap alam, terutama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, menggalakkan reboisasi agar hutan tetap rimbun dan ijo-ijo royo.”

Abdul Qodar kemudian menandaskan dengan membacakan Ayat 23 surat Thaha, “Untuk Kami perlihatkan kepadamu sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Kami yang sangat besar.”/ https://www.islampos.com Posted on September 22, 2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 4.173 kali, 1 untuk hari ini)