Jakarta, 18 September 2018

No. : Khusus
Lamp : 1 (satu) bundel
Hal : Permohonan Pemindahan Lokasi Pembangunan Masjid Rusunawa
Proyek Pasar Rumput Jakarta Selatan

Kepada Yth.
Gubernur DKI Jakarta
di
Jakarta

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama kami dari Pengurus Yayasan Islam Al Qalam Amanah Ummat mengucapkan salam ta’zhim kepada Bapak Gubernur DKI Jakarta dan staf, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan di dalam menjalani hidup ini.

Selanjutnya, perlu diketahui oleh Bapak Gubernur bahwa di areal proyek Rusunawa Pasar Rumput Jakarta Selatan sedang dilaksanakan pembangunan sebuah masjid. Lokasi pembangunan masjid Rusunawa tersebut berjarak sangat dekat, sekitar 30 meter dari Masjid Al Ihsan Proyek Pasar Rumput yang sudah lama berdiri.

Maka, melalui surat ini, kami atas nama Pengurus Masjid Al-Ihsan yang berada di bawah naungan Yayasan Islam Al Qalam Amanah Ummat Jakarta meminta agar pembangunan masjid baru tersebut tidak dilanjutkan, karena jaraknya yang sangat berdekatan dengan masjid yang sudah ada. Jika adzan Jumat dikumandangkan atau khatib sedang menyampaikan khutbah Jumat, sudah tentu suara dari kedua masjid tersebut akan saling sahut bersahutan.

Kami sangat setuju dengan pembangunan masjid di areal Rusunawa sebagai sarana beribadah bagi para penghuni Rusunawa. Akan tetapi, kami hanya memohon agar lokasi pembangunan masjid tersebut dipindahkan ke sebelah Barat dari bangunan Rusunawa, supaya suara adzan dan khutbah Jumat dari kedua masjid tersebut tidak saling sahut bersahutan.

Pada hari Jumat, 14 September 2018 yang lalu, sesudah shalat Jumat, kami telah menemui pihak pemborong bangunan masjid Rusunawa tersebut dan kami menyatakan keberatan dikarenakan jaraknya yang sangat berdekatan dengan Masjid Al Ihsan. Pihak pemborong menjawab bahwa mereka hanya petugas pelaksana pembangunan saja. Kemudian kami disarankan untuk menemui Direktur PD Pasar Jaya yang terletak di Jl. Cikini Raya No.90 Jakarta Pusat untuk membicarakan masalah ini.

Demikianlah permohonan kami ini, dan atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Yayasan Islam Al Qalam Amanah Ummat

H. M. Amin Djamaluddin
Ketua Umum

Dudung Ramdani, Lc
Sekretaris

Tembusan disampaikan kepada :
1. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.
2. Asisten Sekretaris Daerah bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.
3. Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta.

(nahimunkar.org)

(Dibaca 789 kali, 1 untuk hari ini)