Ratusan warga Syiah Arab Saudi menggelar aksi unjuk rasa memprotes vonis mati terhadap ulama terkenal Syiah Saudi, Nimr al-Nimr, seperti dilansir kantor berita Inggris, Reuters.
Dalam aksi yang digelar pada Jum’at (24/10) waktu KSA, ratusan warga Syiah Saudi memprotes vonis hukuman mati terhadap tokoh Nimr al-Nimr beserta 8 warga Syiah lainnya yang dikeluarkan pengadilan Saudi pada awal pekan ini.
Nimr al-Nimr dituding melakukan percobaan pembunuhan seorang polisi selama kerusuhan yang terjadi di kota Awwamiya provinsi Qatif wilayah timur kerajaan pada 15 Oktober lalu.
Sedangkan 3 orang rekan Nimr al-Nimr dijatuhi vonis penjara sealam 12 tahun dalam unjuk rasa yang berakhir benterok dengan aparat keamanan.
Perlu diketahui bahwa Nimr al-Nimr adalah tokoh Syiah terkemuka Saudi yang menyerukan pemberian hak yang lebih besar bagi minoritas Syiah di Arab Saudi.
Teracatat ada sekitar 2 juta warga Syiah di Saudi, kebanyakan mereka tinggal di wilayah timur kerajaan yang banyak terdapat lumbung minyak. (Rassd/Ram) eramuslim, zahid – Sabtu, 2 Muharram 1436 H / 25 Oktober 2014 13:04 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 503 kali, 1 untuk hari ini)