ilustrasi foto: google

Seorang khatib Jum’at (2/2 2018) di Jakarta bilang, dia punya kenalan seorang pendeta. Di tahun baru yang lalu sang pendeta bilang ke khatib ini bahwa pihak mereka berterimakasih kepada tokoh2 Islam yang justru merayakan tahun baru hari raya mereka di berbagai tempat.

Kata khatib dalam khutbahnya, itu berarti tokoh2 Islam dan umat Islam telah kena jerat mereka.

Jerat yang lainnya, di bulan Februari ini ada jerat mereka yang disebut valentine’s day (hari kasih sayang), kata mereka.

Khatib itu bilang, dia punya sejumlah anak yatim, dia sangat terpukul dengan jerat pihak kristen itu. Karena tahu-tahu di hari yang mereka sebut hari kasih sayang itu ada satu anak yatim asuhan khatib ini digondol temannya, kristen, lalu dicekoki miras, lalu diajak berzina. Na’udzubillahi min dzalik.

Itulah di antara jerat2 mereka. Waspadalah saudara2 se-Muslim. Karena Allah Ta’ala telah berfirman:

وَلَن تَرۡضَىٰ عَنكَ ٱلۡيَهُودُ وَلَا ٱلنَّصَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمۡۗ قُلۡ إِنَّ هُدَى ٱللَّهِ هُوَ ٱلۡهُدَىٰۗ وَلَئِنِ ٱتَّبَعۡتَ أَهۡوَآءَهُم بَعۡدَ ٱلَّذِي جَآءَكَ مِنَ ٱلۡعِلۡمِ مَا لَكَ مِنَ ٱللَّهِ مِن وَلِيّٖ وَلَا نَصِيرٍ ١٢٠ [سورة البقرة,١٢٠]

  1. Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu [Al Baqarah120]

Bersatulah, hadapi jerat2 mereka itu dengan bersatu mengokohkan keimanan ketaqwaan, kata khatib tersebut.

Khatib itu menekankan pentingnya ayat-ayat perintah menjaga diri dan keluarga dari api neraka, dan perintah bersatu sesama Umat Islam dengan memegang teguh agama Allah.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا…} [التحريم: 6]

  1. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka[At Tahrim6]

{وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا…} [آل عمران: 103]

  1. Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, … [Al ‘Imran103]

(nahimunkar.org)

(Dibaca 293 kali, 1 untuk hari ini)